Beranda Entertainment TP PKK Ranpul Juara Umum Lomba HKG-PKK – Diapresiasi, Jadi Motivasi Lebih...

TP PKK Ranpul Juara Umum Lomba HKG-PKK – Diapresiasi, Jadi Motivasi Lebih Baik Lagi

168 views
0

Momen penyerahan penghargaan kepada juara umum lomba rangkaian HKG-PKK tingkat kabupaten kepada TP PKK Ranpul. (Foto Riki Halmas)

SANGATTA- Prestasi TP PKK Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul) yang sukses menjadi juara umum lomba rangkaian HKG PKK ke-50 tingkat Kabupaten Kutim, Jumat (13/5/2022) kemarin mendapat apresiasi dari Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah. Istri Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman tersebut mengaku senang dengan pencapaian TP PKK Ranpul.

“Saya senang dengan prestasi yang dicapai TP PKK Rantau Pulung dan kecamatan lainnya. Kita kan sama-sama tahu lomba-lomba dalam rangkaian HKG PKK sudah beberapa tahun vakum. Dengan diraihnya prestasi dimaksud, artinya pembinaan dilingkup TP PKK kecamatan terus berjalan,” kata Siti Robiah.

Mengapa TP PKK hingga kini terus eksis menjalankan program kerja, menurut Siti Robiah tak lepas dari kebijakan agar pengurus TP PKK tak diubah-ubah atau diganti. Karena, katanya, apabila pengurus TP PKK kerap diganti, sama saja dengan mengulang atau memulai kembali pembinaan di tubuh organisasi TP PKK.

“Kalau (pengurus dan anggota TP PKK) terus diganti pasti sulit berprestasi,” tegas wanita berhijab tersebut.

Terakhir Siti Robiah berharap prestasi yang diraih TP PKK Kecamatan Ranpul sebagai juara umum lomba rangkaian HKG PKK ke 50 tongkat Kabupaten Kutim dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Prestasi ini mestinya menjadi motivasi TP PKK kecamatan lainnya untuk ikut berprestasi. Sebab TP PKK Ranpul membuktikan diri, bisa mematahkan dominasi TP PKK Kecamatan Sangatta Selatan untuk lomba serupa sebelumnya.

Sedangkan Ketua TP PKK Ranpul Dessi Wahyu Fitrisia mengaku senang dan bangga pada seluruh pengurus TP PKK Ranpul. Sebab dengan ketekunan dan soliditas yang baik, akhirnya membuahkan prestasi dari lomba dirangkaian peringatan HKG PKK ke-50 tingkat Kabupaten tahun ini.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala, TP PKK Kecamatan Rantau Pulung menjadi juara umum pada rangkaian kegiatan HKG PKK tingkat Kabupaten Kutai Timur tahun 2022. Haru dan bangga tentunya, atas prestasi yang ditorehkan oleh kader-kader PKK. Karena berhasil mendapatkan juara 1 untuk 3 kategori lomba. Yaitu pokja 1, pokja 2 dan pokja 4,” kata Desi yang merupakan istri Camat Ranpul Mulyono.

Dia mengatakan, semua prestasi itu tentunya tak lepas dari semangat, kerja keras dan kesungguhan TP PKK kecamatan maupun desa yang sudah mengirimkan kader PKK desa terbaik mereka. Peserta lomba sebelumnya diseleksi di tingkat kecamatan melalui kegiatan Lomba PKK Desa se-Kecamatan Ranpul. Merupakan agenda tahunan TP PKK Ranpul. Bertujuan sebagai pembinaan bagi TP PKK Desa. Kader PKK yang mendapatkan juara 1 pada masing-masing kategori lomba akan mewakili kecamatan di tingkat kabupaten. Bisa dikatakan pelaksanaan lomba tersebut sebagai salah satu upaya pembinaan TP PKK Ranpul kepada kader TP PKK desa.

“Dengan adanya Lomba PKK Desa tersebut, bisa menjadi motivasi untuk TP PKK Desa dalam meningkatkan potensi dan kemampuan para kader ditingkat desa. Saya selaku Ketua TP PKK Kecamatan Rantau Pulung selalu memotivasi dan mendorong kader PKK Desa agar percaya diri, semangat dan mau belajar,” sebutnya.

Sehingga bisa meningkatkan kemampuan dan potensi yang ada dalam diri masing-masing. Desi yakin dan percaya kader PKK Ranpul mempunyai potensi luar biasa dan mampu berprestasi ditingkat kabupaten maupun provinsi. Selain itu, TP PKK Ranpul juga melaksanakan beberapa kegiatan pembinaan yang kerap dilaksanakan setiap tahun. Antara lain adalah supervisi monitoring evaluasi dan pelaporan (SMEP), pelatihan admistrasi bagi PKK desa, pembinaan dasawisma dan peningkatan kapasitas kader PKK. Dia berharap prestasi TP PKK Kecamatan Ranpul ini dapat menjadi motivasi dan semangat baru untuk bisa lebih baik lagi dalam melaksanakan program PKK. Khususnya program yang betul-betul menyentuh dan dirasakan masyarakat. Karena kader PKK desa merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam pelaksanaan kegiatan PKK.

“Kamk bersyukur semua kegiatan PKK tingkat kecamatan maupun desa selalu didukung oleh Camat dan Kades selaku pembina TP PKK. Dalam bentuk bantuan operasional untuk kegiatan PKK, maupun dalam bentuk kegiatan pelatihan bagi kader-kader PKK,” tutupnya. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here