Beranda Nasional Jadi Narasumber JMW, Bupati Kutim Promosikan Prevab di TNK dan Sail Sangkulirang

Jadi Narasumber JMW, Bupati Kutim Promosikan Prevab di TNK dan Sail Sangkulirang

86 views
0

Suasana acara yang digagas Markplus Tourism yang digelar di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta. (Wahyu Yulia Artanto Pro Kutim)

JAKARTA – Saat diundang dan tampil di Jakarta Marketing Week (JMW) 10th pada rangkaian Planet Tourism Indonesia (PTI) 2022, Kamis (19/5/2022), Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman semangat memaparkan potensi sumber daya pariwisata di kabupaten yang dipimpinnya. Di acara yang digagas Markplus Tourism yang digelar di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Ardiansyah menjelaskan sisi menarik Prevab di Taman Nasional Kutai (TNK) dan rencana pelaksanaan Sail Sangkulirang mengisi sesi acara bertema “Exploring Indonesian Creative Destination”.

Ardiansyah tampil bersama empat narasumber dari daerah lain. Yaitu Kepala Taman Nasional Tanjung Puting Murlan Damerian Pane, Founder and Chairman Blosson Eco Luxe Villas by Ekosistem Wayan Winawan. Pengelola Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong Sigit Tri Prabowo serta Galuh Alif Fahmi Rizki selaku Ketua Desa Wisata Tinalah. Pada sesi 1 pukul 10-11 WIB. Seluruh rangkaian kegiatan itu disiarkan live via youtube Markplus channel.

Ardiansyah Sulaiman menjelaskan, TNK berlokasi diantara tiga daerah di provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Yakni Kabupaten Kutim, Kutai Kartanegara serta Kota Bontang. Mempunyai luas kawasan kurang lebih 168.000 hektare. Kawasan ini mampu menyuguhkan hutan hujan yang masih asri dengan pemandangan pepohonan endemi khas Kalimantan dan masih terjaga dengan baik.

“Satu diantaranya adalah kawasan Prevab yang merupakan tempat penelitian bagi para ahli untuk mengamati salah satu spesies asli Kalimantan, yaitu orang utan dan primata lainya,“ ujarnya Ardiansyah dihadapan seluruh undangan.

Selain sebagai lokasi untuk observasi orang utan, di Prevab yang merupakan kawasan hutan hujan tropis dataran rendah, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan beragam flora dan fauna khas Pulau Kalimantan yang beragam. Satu diantaranya adanya pohon ulin terbesar di dunia yang mempunyai diameter 2,74 meter. Merupakan pohon endemik Kalimantan yang diperkirakan berumur lebih dari 1000 tahun.

“Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, kami juga menyiapkan camping ground dan lokasi tracking untuk melihat secara dekat hewan- hewan eksotik pulau Kalimantan,“ ujar Ardiansyah yang mengenakan kemeja batik motif warna biru sambil mengenakan masker.

Dalam kesempatan itu juga, Ardiansyah yang hadir di dampingi Kadispar Kutim Nurullah, Kepala Balai TNK Persada Agussetia Sitepu juga membeberkan, selain Kawasan TNK, masih banyak lagi destinasi wisata yang menarik di Kutim. Termasuk wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan apabila berkunjung ke kabupaten lahir pada 12 Oktober 1999 lalu.

“Kami mengundang kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk datang ke Prevab di TNK dan ikut memeriahkan Sail Sangkulirang yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang,“ terangnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here