Beranda Keagamaan Ditarget Lima Besar, Kafilah Kutim Juara 4 MTQ Kaltim

Ditarget Lima Besar, Kafilah Kutim Juara 4 MTQ Kaltim

211 views
0

Beberapa kafilah Kutim yang sukses menjadi juara MTQ ke-43 Kaltim di beberapa kategori lomba sedang memegang piala.

SAMARINDA- Meski belum bisa menjadi yang terbaik dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 Kalimantan Timur (Kaltim), Kalifah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sukses melampaui target yang dicanangkan. Yakni menjadi peringkat 4 dari 10 Kabupaten/Kota se-Kaltim. Sebelumnya oleh Bupati H Ardiansyah Sulaiman dan Wabup Kutim H Kasmidi Bulang, Kalifah Kutim hanya diberikan target masuk lima besar. Hasil tersebut diumumkan saat penutupan MTQ ke-43 Kaltim di Samarinda, Sabtu (29/5/2022) malam.

Pada malam penutupan acara oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor tersebut, diumumkan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai juara umum (juara 1), Kota Samarinda juara 2, Bontang juara 3 dan Kutim juara 4. Berikutnya juara 5 Kota Balikpapan, juara 6 Kabupaten Berau, juara 7 Paser, juara 8 Penajam Paser Utara (PPU), juara 9 Kutai Barat (Kubar) dan Kabupaten Mahakam Hulu menjadi juru kunci atau juara 10. Penyerahan hadiah kepada para pemenang dilakukan Gubernur Kaltim.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan terima kasih atas partisipasinya,” kata Isran Noor yang selanjutnya mangapresiasi Pemkot Samarinda karena telah sukses menjadi tuan rumah MTQ ke-43.

Para kafilah menyempatkan foto bersama sebelum mengikuti lomba

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kaltim H Hadi Mulyadi mengucapkan selamat kepada Kukar yang berhasil meraih juara umum. Kemudian, selamat juga kepada Balikpapan sebagai tuan rumah selanjutnya. Hadi Mulyadi berharap momentum MTQ menjadi syiar Islam di Bumi Etam. Memberi semangat bagi generasi muda untuk gemar membaca Al Qur’an.

Keputusan peringkat juara tersebut merupakan hasil Rapat LPTQ Provinsi Kaltim pada 28 Mei 2022 tentang Penetapan Kejuaraan Umum Daerah pada Musabaqah Tilawatil (MTQ) Tingkat Provinsi Kaltim ke 43 Tahun 2022 di Kota Samarinda. Kemudian dituangkan dalam Surat Keputusan LPTQ Provinsi Kaltim Nomor : 051/KEP/LPTQ-KT/V/20 tentang Penetapan Kejuaraan Umum Daerah Pada MTQ Tingkat Provinsi Kaltim ke-43 Tahun 2022 di Kota Samarinda.

Pj Seskab Kutim Yuriansyah saat menghadiri penutupan MTQ ke-43 Kaltim di Samarinda

Acara penutupan turut dihadiri Pj Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim Yuriansyah. Kalifah Kutim yang menjadi terbaik dibeberapa kategori antara lain golongan anak-anak yakni Muhammad Hafi El Syerazin yang menjadi juara 1 Qori. Golongan Remaja Rifansyah Lukman juara 1 Qori dan Nadita Aisyah Fitri sebagai Qoriah terbaik 1. Di Golongan Dewasa ada Imranul Karim yang menjadi Qori terbaik 1, Golongan Qira’at Murottal Remaja ada Muhammad Abdan sebagai Qori terbaik 1.

Di cabang Tahfidz, Defta Agelza Putri menjadi Hafizhah terbaik 1, Golongan 30 Juz menjadi Hafizh terbaik 1 Julfi Zain Al Faruq. Selebihnya kalifah Kutim masuk dibeberapa kategori dengan raihan juara 2, 3 dan harapan.

Meski hanya sukses menjadi juara 4 secara umum di MTQ Kaltim kali ini, seluruh kafilah Kutim tetap diapresiasi oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan Wabup H Kasmidi Bulang. Sebab menurut Bupati, seluruh kalifah tentunya telah memberikan kemampuan terbaik selama MTQ berlangsung.

“Sukses melampaui target yang disematkan, tadinya diterget masuk lima besar ternyata berhasil menjadi empat besar itu sudah luar biasa. Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) saya sampaikan terima kasih untuk seluruh kafilah Kutim, pendamping dan lainnya. Semoga di MTQ yang akan datang (di Balikpapan), kafilah Kutim bisa meningkatkan prestasi yang telah dicapai tahun ini,” harap Ardiansyah. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here