Beranda Pemerintahan Sukseskan Sensus Penduduk Lanjutan 2022 di Kutim

Sukseskan Sensus Penduduk Lanjutan 2022 di Kutim

65 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman bersama Jajaran BPS Kutim. Foto: Wahyu Yuli Pro Kutim

Sangatta- Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman mengajak kepada seluruh masyarakat di 18 kecamatan, untuk ikut serta menyukseskan sensus penduduk lanjutan yang di selenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutim. Program ini sudah dimulai dari 15 Mei lalu sampai dengan 30 Juni 2022 mendatang.

“Karena pentingnya sensus ini, saya berharap semua masyarakat bisa berperan aktif. Apabila ada petugas (BPS), berikan informasi yang dibutuhkan,“ pesan Bupati usai bertemu dengan jajaran BPS Kutim di ruang kerjanya, Kamis (2/6/2022).

Sensus penduduk lanjutan ini penting sebagai salah satu parameter demografi serta bagi perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah. Berkaitan hal itu, Ardiansyah meminta kepada semua elemen pemerintah, mulai dari Camat hingga ke tingkat Ketua RT, agar bisa membantu memberikan sosialisasi. Serta penjelasan kepada masing-masing warganya terkait kegiatan sensus yang ditargetkan akan mendata penduduk sebanyak 9.696 warga di 18 Kecamatan di Kutim.

Kepala BPS Kutim Akhmad Junaidi menjelaskan, sensus ini merupakan lanjutan dari sensus penduduk (SP) sebelumnya yang sudah digelar pada 2020. Dalam SP kali ini juga akan ada perbedaan dalam mekanisme. Yakni menggunakan lebih banyak variabel (pengelompokan secara logis dari dua atau lebih suatu atribut dari objek yang diteliti). Antara lain, karakteristik penduduk, migrasi, pendidikan dan komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, fasilitas, moralitas dan juga perumahan.

“Sekaligus menyampaikan bahwa ada program dari Pusat dan sudah berkoordinasi dengan Diskominfo sebagai wali data Kabupaten dalam rangka pengembangan indikator lintas sektoral,“ terangnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here