SANGATTA- Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) sukses menggelar vaksinasi massal COVID-19 dosis 1, 2 dan 3 (booster), dengan target 1000 dosis, di Sangatta, Kutai Timur (Kutim), Rabu (8/6/2022). Kegiatan vaksin bertitel Gerai Vaksin Presisi menyambut Hari Bhayangkara ke 76 tersebut mendapat dukungan penuh PT Kaltim Prima Coal (KPC). Kegiatan yang berpusat di Gedung BPU Kecamatan Sangatta Utara ini, dihadiri langsung oleh unsur Polda Kaltim, Polres Kutim, Dinas Kesehatan dan Divisi External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC.

Direktur Bimas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto Putro S.IK, SH, M.H, C.P.H.R melalui AKBP Ruskan SH, M.H, Kasubdit Satpam Polsus, Polda Kaltim mengatakan, gencarnya kegiatan vaksin bertujuan agar transisi dari Pandemi COVID-19 menjadi Endemi bisa berjalan mulus. 

“Vaksin adalah salah satu kunci agar transisi dari pandemi ke endemi COVID-19 bisa berjalan mulus,” kata Ruskan, Rabu (8/6/2022).

Ruskan lebih lanjut menambahkan, mengubah status pandemi menjadi endemi merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat, termasuk perusahaan. Karena itu, Ruskan mengapresiasi peran KPC yang selalu sigap bersama Kepolisian, TNI dan Pemerintah dalam memerangi COVID-19.

“Terima kasih kami ucapkan kepada KPC. Memang mengubah pendemi menjadi endemi COVID-19 adalah tugas bersama, termasuk kepolisian dan juga perusahaan seperti KPC. Kita harapkan, kegiatan ini berjalan lancar. Sehingga target 1000 dosis dalam program ini bisa berjalan lancar,” kata Ruskan.

Herlambang, salah seorang  warga Sangatta mengatakan, vaksinasi itu sangat berguna bagi dirinya dan masyarakat lain. Mendukung kegiatan sosial dan ekonomi agar bisa berlangsung normal kembali seperti sebelum Pandemi COVID-19 terjadi. Dia bersyukur kegiatan hari ini berjalan dengan lancar. Diharapkan kegiatan dengan sinergi seperti ini bisa terus berlanjut. 

“Harapan kami agar kehidupan ekonomi dan sosial kembali berjalan normal,” harap Herlambang.

Hal senada disampaikan Eko Sugiarto, dari Pokdar Kamtibnas Kaltim.  Eko mengucapkan terima kasih kepada Polda Kaltim dan KPC sert Pemkab Kutim yang telah menggelar kegiatan Bakti Sosial Gerai Vaksin Presisi itu. 

“Sangat Bersyukur dan berterima kasih karena sinergi antara Polri, multi stakeholder. Secara khusus terima kasih kepada KPC, yang menjadi unsur utama terselenggaranya kegiatan ini,” kata Eko.

Yordhen Ampung, Manager External Relations KPC menegaskan, perusahaan akan selalu mendukung kegiatan pemulihan sosial dan ekonomi akibat Pandemi COVID-19. Ia berharap, kegiatan bersama Polda Kaltim ini bisa meningkatkan capaian vaksin di Kutim. Sehingga proses transisi dari pandemi menuju endemi COVID-19 segera terwujud.

“Kami mengharapkan, proses transisi dari pandemi menuju endemi COVID-19 ini bisa berjalan cepat. Sehingga aktivitas sosial ekonomi masyarakat bisa pulih seluruhnya. Karena itu kami antusias bekerjasama dengan Polda Kaltim mewujudkan Gerai Vaksin Presisi yang digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke 76 ini,” kata Yordhen.

Pada kegiatan vaksinasi COVID-19 bersama Polda Kaltim ini, digelar untuk dosis 1, 2, dan 3 (Booster), dengan jenis vaksin Sinovac dan Moderna. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum dan dimulai dari pukul 08.00 – 15.00 WITA. Dari pantauan media, kegiatan vaksinasi berjalan lancar dan tetap menerapkan potokol kesehatan.(*/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here