Beranda Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman Resmikan MTs Sirajul Islam, Plus Lantik Anggota BPD Susuk Luar

Ardiansyah Sulaiman Resmikan MTs Sirajul Islam, Plus Lantik Anggota BPD Susuk Luar

67 views
0

Foto : Bupati memberikan sambutan pada peresmiam MTs Sirajul Islam ( Fuji Pro Kutim)

SANDARAN – Disambut ratusan santri/santriwati, pengurus yayasan, warga desa, dan beberapa tokoh masyarakat. Bupati Kutai Timur H. Ardiansyah Sulaiman resmikan pembukaan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sirajul Islam, di Desa Susuk Luar, Kecamatan Sandaran pada Senin (13/6/2022) pagi.

Dalam peresmiannya, Bupati di dampingi istri Hj. Siti Robiah, Kepala BPMDes Yuriansyah T, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Basuki Isnawan, Camat Sandaran Tri Sukandar, Anggota DPRD Kutim Agusriansyah dan Muhammad Ali, perwakilan Kemenag Kutim Eko Juniardi, tokoh masyarakat setempat. Serta jajaran Muspika lainnya yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Ketua Yayasan Sirajul Islam Taher Pekkang menyebutkan, berdirinya MTs Sirajul Ulum di Susuk Luar atas swadaya masyarakat. Masyarakat optimis membangun pendidikan islam bersama masyarakat. Semoga pemerintah dapat memberikan bantuan terkait pembangunan lokal kelas tambahan.

“Ada 4 hektare luas lahan dan siap di bangun berapa lokal kelas serta asrama. Baru satu angkatan kelas 1 jumlah 29 orang, dua lokal penerimaan akan dilakukan awal tahun ajaran baru. Ini dilakukan agar bisa mencetak anak-anak yang kuat dalam pendidikan islam, ” jelasnya.

Dalam sambutannya Bupati menjawab harapan dan semangat pengurus yayasan, yang menceritakan kronologis pendirian MTs. Untuk semangat minta bantuan tentu jalurnya berbeda. Bisa lewat hibab, tetapi prosesnya agak panjang.

Bupati menyebutkan baru tahun depan usulan tersebut dapat diupayakan. Dimana yayasan meminta bantuan pada Bupati, melalui hibah dan akan dibantu pula oleh anggota DPRD asal Dapil Sandaran-Sangkulirang yakni Agus Riansyah dan Muhammad Ali.

“Di Kutim ada 44 MTs, dimana baru ada 3 MTs Negeri, sisanya MTs swasta. Kenapa agak lambat, karena anggaran Kemenag berbeda dengan Kementerian Pendidikan. Persoalan di Kemenag harus menyediakan mencetak guru pegawai negeri yang dari kementerian tersebut, tidak boleh meminjam tenaga guru dari Kementerian Pendidikan,” jelas Bupati.

Acara dirangkai pula dengan pengambilan sumpah jabatan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Susuk Luar. Dengan dasar SK Bupati tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Badan Permusyawaratan Desa Susuk Luar Kecamatan Sandaran Masa Bakti 2022-2028.

Adapun nama-nama anggota BPD Susuk Luar yang dilantik ialah, Hardi, Darmendra, Farma Sakti, Nurbayah, Abd Rahman.
Sementara itu Camat Sandaran Tri Sukadar menambahkan, ada beberapa desa yang melaksanakan Pilkades, anggota BPD yang baru dilantik bisa menyiapkan hajatan tersebut.

“Sudah lengkap sarana pendidikan di Susuk Luar, ada PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, termasuk SMA Negeri 2 Susuk Luar. Kami berharap ada support dari Bupati untuk penempatan tenaga guru PNS, mengingat banyak tenaga pengajar yang TK2D,” harap Camat Sandaran. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here