Beranda Kutai Timur Handi Wijaya dan Dera Fiorentina Agatha Duta Budaya Kutim 2022 – Ini...

Handi Wijaya dan Dera Fiorentina Agatha Duta Budaya Kutim 2022 – Ini Pesan Wabup Untuk Pemenang

295 views
0

Wakil Bupati H Kasmidi Bulang didampingi Istri Ny Satriani foto bersama pemenang Duta Budaya Kabupaten Kutim tahun 2022. Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Malam Grand Final Pemilihan Duta Budaya Kutai Timur (Kutim) 2022 di ruang Aksia Gedung Serba Guna, Kawasan Bukit Pelangi, Sangatta, Selasa (5/7/2022) berlangsung meriah. Ajang pemilihan ambassador kebudayaan Kutim garapan Pemkab Kutim melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) ini turut disaksikan sejumlah undangan penting. Seperti Wabup Kutim H Kasmidi Bulang dan istri Ny Hj Satriani.

Putra putri terbaik asli Kutim tampil di malam puncak. Total 72 peserta yang mendaftar di awal seleksi dan hanya 10 yang melaju ke Grand Final. Sebelumnya peserta putra putri harus lebih dulu lolos audisi. Berikutnya melalui berbagai tahapan yakni seleksi administrasi, babak penyisihan dan pembekalan finalisasi.

Setelah melalui rangkaian sesi tanya jawab dan penilaian oleh para juri kepada para finalis, terpilihlah Putra dan Putri Duta Budaya Kutim. Handi Wijaya terpilih sebagai Putra Duta Budaya Kutim, sedangkan mahkota Putri Budaya Kutim disematkan kepada Dera Fiorentina Agatha.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang didampingi Istri Ny Satriani berkesempatan menyematkan sash (selempang) kepada pemenang Duta Budaya Kabupaten Kutim tahun 2022. Usai kegiatan, Wabup mengatakan, pemilihan duta budaya ini merupakan ajang bagi putra putri asli Kutim yang diharapkan bisa membantu untuk mempromosikan keaneragaman budaya yang ada di daerah ini.

“Bukan hanya adat istiadat, (tapi) ada tari, kuliner, sekaligus membantu mempromosikan potensi wisata yang akan dikunjungi oleh wisawatan, yang akan berkunjung,” ujarnya didampingi Sekretaris Disbud Rodiansyah.

Selain itu, Duta Budaya Kutim yang terpilih bisa menjadi ikon untuk bisa memotivasi para generasi muda agar bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat. Tentunya membanggakan orang tua dan daerah ini. Pelilihan Duta Budaya ini juga bagian dari persiapan untuk mewakili Kutim di ajang yang sama tingkat Provinsi Kaltim.

“Kita doakan agar bisa sukses membawa nama harum daerah kita,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disbud Rodiansyah menjelaskan, Grand final Duta Budaya Kutim kali ini, merupakan puncak dari seluruh rangkaian pelaksanaan pemilihan duta budaya Kabupaten Kutim tahun 2022. Sudah dimulai sejak 23 Juni 2022 lalu. Melalui berbagai tahapan, yakni seleksi administrasi, babak penyisihan hingga akhirnya babak final.

“Dari seluruh peserta dipilih 10 putra putri terbaik untuk di karantina selama 3 hari untuk mendapatkan pembekalan,” ujarnya. (kopi6/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini