Beranda Kutai Timur Bupati Kutim Lantik 32 Anggota Badan Permusyawaratan Desa – Ardiansyah : BPD...

Bupati Kutim Lantik 32 Anggota Badan Permusyawaratan Desa – Ardiansyah : BPD dan Pemdes Harus Kerja Sama

102 views
0

Suasana Pelantikan Anggota BPD di ruang Meranti kantor Bupati. Foto: Hasyim Dokpim

SANGATTA- Sebanyak 32 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 6 desa di 4 kecamatan, dilantik secara resmi oleh Bupati Kutim, Kamis (14/7/2022). Prosesi pelantikan berlangsung di Ruang Meranti, Kantor Bupati.

Ardiansyah dalam arahannya menegaskan bahwa BPD merupakan badan permusyawaratan yang turut membahas dan menyepakati berbagai kebijakan strategis, dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Sehingga penyelenggaraan Pemerintah Desa (Pemdes) dapat dikontrol. Guna menjamin kepentingan masyarakat luas.

“BPD secara jelas diakui dan diberikan peranan dalam struktur pemerintahan desa, ” ujarnya di hadapan Dandim 0909 Kutim Letkol CZI Heru Aprianto, Seskab Kutim Rizali Hadi, Kadis DPMDes Yuriansyah serta undangan lainnya.

Dalam implementasinya, pelaksanaan fungsi dan tugas BPD, menurut Bupati hendaknya dilakukan dengan tata cara dan etika yang berlandaskan peraturan perundang-undangan. Dengan kata lain, Anggota BPD harus mampu memahami tugas dan fungsinya dengan baik.

“Hal ini penting untuk disadari, guna menjaga hubungan kerja yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata Ardiansyah mengingatkan.

Terakhir, orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut juga meminta agar Anggota BPD dan Pemdes menjalin kerja sama yang baik. Sehingga program-program pembangunan di desa dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Ardiansyah yakin, ke depan soliditas dan sinergitas antara Pemdes dan BPD mampu mendorong Pemerintah Kabupaten menjad semakin handal.

“Sehingga tujuan ‘Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua” insyaAllah dapat kita wujudkan,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas DPMdes Kutim Yuriansyah melaporkan, pelantikan Anggota BPD kali ini berjumlah 32 orang dari 6 desa di 4 kecamatan. Merupakan tindakan lanjut dari hasil pemilihan yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Yakni Desa Batu Lepog Kecamatan Karangan, Desa Sandaran dan Tadoan Kecamatan Sandaran, Desa Muara Dun Kecamatan Muara Ancalong, Desa Mekar Baru Kecamatan Busang dan Desa Long Nyelong Kecamatan Busang,” sebutnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here