Beranda Sosial & Kesehatan Dinkes Kutim Bakal Gelar Operasi Katarak Gratis – Di Tepian Baru, Didukung...

Dinkes Kutim Bakal Gelar Operasi Katarak Gratis – Di Tepian Baru, Didukung Perdami dan KPC

386 views
0

Kadinkes Kutim dr Bahrani. (Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA – Dinas Kesehatan Kutai Timur (Dinkes Kutim) bakal menyelenggarakan operasi katarak gratis untuk masyarakat Kutim. Rencana aksi bakti sosial itu merupakan kerja sama antara Dinkes Kutim, Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Kaltim dan PT Kaltim Prima Coal (KPC).

“(Rencananya) Dilaksanakan di Puskesmas Tepian Baru, (Kecamatan) Bengalon pada 30 Juli 2022. Mulai pukul 07.30 sampai selesai,” kata Kadinkes Kutim dr Bahrani saat di wawancarai tim Pro Kutim, usai kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di BPU Sangatta Utara, Kamis (14/7/2022).

Demi menyukseskan kegiatan dimaksud, pihaknya sudah mulai melakukan screening (penyaringan) dari beberapa bulan lalu. Yakni menyeleksi calon pasien yang bakal dioperasi dalam kegiatan bakti sosial tersebut. Dinkes juga telah mengurus surat izin praktik bagi dokter-dokter yang bertugas untuk kegiatan di Tepian Baru.

“Diperkirakan kegiatan ini diikuti ratusan pasien yang berasal dari ring satu (operasional) PT KPC. Yakni Sangatta, Bengalon, Rantau Pulung dan Teluk Pandan. InsyaAllah pelaksanaan tetap 30 Juli (2022) nanti,” jelasnya.

Kegiatan bakti sosial seperti ini sudah dilaksanakan secara berkelanjutan sedari 5 tahun lalu. Sempat vakum karena pandemi COVID-19. Khusus untuk tahun ini hanya dilaksanakan di satu lokasi itu saja, sambil melihat perkembangan pandemi COVID-19. (kopi7/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini