Beranda Pemerintahan Unggul Dalam Deteksi Dini Karhutla – Pemkab Kutim Dukung Aplikasi ASAP Digital...

Unggul Dalam Deteksi Dini Karhutla – Pemkab Kutim Dukung Aplikasi ASAP Digital Polda Kaltim

113 views
0

Dukung : Seskab Rizali Hadi bersama dengan perwakilan beberapa OPD dilingkungan Pemkab Kutim, menujukkan dukungan pada Polda Kaltim terkait aplikasi ASAP Digital (Ist)

BALIKPAPAN – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) mendukung upaya Polda Kalimantan Timur (Kaltim) dalam upaya Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), aplikasi ASAP Digital yang di launching pada Kamis (21/7/2022) kemarin di Ballroom Hotel Platinum, Balikpapan.

Sekretaris Kabupaten (Seskab) Rizali Hadi mengatakan, aplikasi tersebut merupakan sistem deteksi dini indikasi kejadian karhutla secara digital yang cakupannya luas. Hal yang berkaitan erat pula dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk melakukan pencegahan secara dini dalam penanggulangan karhutla.

“Dalam launching tersebut, saya melihat jika aplikasi ASAP Digital memiliki keunggulan monitoring real time CCTV 360 derajat dengan kemampuan jelajah 8 KM. Bahkan dapat menampilkan kualitas suhu, kelembaban udara dan data titik api update (terkini) berskala lima menit,” ujar lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan ini.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo menjelaskan, launching aplikasi digital ini menindaklanjuti kebijakan dan arahan Kapolri, sebagai langkah dan upaya dalam pencegahan dan antisipasi Karhutla.

Lulusan Akabri tahun 1994 tersebut mengatakan bahwa pengoperasian aplikasi ASAP Digital ini mampu menyempurnakan langkah dan upaya Polda Kaltim dalam mencegah atau mendeteksi terjadinya karhutla di wilayah Hukum Polda Kaltim.

“Untuk aplikasi digital ini, Polda Kaltim bekerja sama dengan PT Telkom serta rekan-rekan dari Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kaltim,” terang Kombes Pol Yusuf Sutejo. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here