Beranda Keagamaan Ardiansyah Rayakan Tahun Baru Islam Dengan Doa Bersama Warga Tepian Indah

Ardiansyah Rayakan Tahun Baru Islam Dengan Doa Bersama Warga Tepian Indah

111 views
1

Suasana perayaan tahun baru islam di Tepian Indah.(Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA- Seluruh umat muslim pada Sabtu (30/7/2022) memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah. Di Kutim segenap umat muslim juga turut merayakannya. Melalui pawai 1 Muharram yang dilepas oleh Seskab Kutim Rizali Hadi. Sementara malam harinya, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman bergabung bersama jamaah dan warga Desa Tepian Indah, Kecamatan Bengalon. Merayakan 1 Muharram dengan cara lebih sederhana. Yakni membaca ayat suci Al-Qur’an dan berdoa bersama.

Usai berdoa bersama, Bupati Ardiansyah menyampaikan kepada warga bahwa 1 Muharram dihitung sejak awal hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah sesuai yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT). Dia mengapresiasi masyarakat senantiasa melestarikan budaya nusantara yang erat dengan nilai religi.

“Terima kasih kepada masyarakat yang terus menggemakan budaya suku  di Indonesia, khususnya yang berbasis Islam. Seperti yang dilakukan masyarakat Tepian Indah sekarang,” katanya di hadapan Wakil Ketua DPRD H Arfan, Kapolsek Bengalon Iptu Dedik I Prasetyo serta undangan yang hadir. 

Ardiansyah mencontohkan budaya Jawa yang bernilai Islami ialah peringatan 1 Suro yakni penanggalan Jawa untuk 1 Muharram. Budaya ini sudah mulai dilestarikan semenjak Wali Songo menyebarkan agara Islam di tanah Jawa. Dia bersyukur budaya ini masih masih dilestarikan oleh para tokoh dan ulama yang ada di Indonesia hingga kini.

“Semoga dalam peringatan 1 Muharam (1444) kita mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT, Amin, ” tutup Ardiansyah yang turut diaminkan oleh seluruh jamaah yang hadir. 

Sebelumnya, Kepala Desa Tepian Indah Quirinus mengatakan, Desa Tepian merupakan wilayah yang dihuni oleh masyarakat sangat majemuk. Mulai dari suku, budaya hingga agama yang begitu beragam dan mampu hidup berdampingan. Dengan rukun, damai serta menjunjung tinggi nilai toleransi. 

“Saat ini desa kami berstatus berkembang,  dengan kehadiran pak Bupati dan Wakil Ketua DPRD, kami harap adanya  dukungan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat. Agar bisa menjadi desa yang maju dan mandiri,” pintanya. (kopi6/kopi3)

1 KOMENTAR

  1. “Terimakasih Bpk Bupati”
    Semoga Bupati Kutai Timur Bapak H. Ardiansyah Sulaiman & Seluruh Jajaran Muspida Kabupaten Kutai Timur Diberikan Kesehatan Yang Prima Dan Rejeki Yang Berlimpah.
    Satu Harapan Kami :
    Semoga Bupati Kutai Timur Bpk Ardiansyah Sulaiman Dapat Menyempatkan Waktu Pada Natal Bersama Di Desa Tepian Indah Nantinya.
    AMIN…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here