Beranda Kutai Timur Lestarikan Lingkungan, Ketua TP PKK Kutim Ikut Tanam Tumbuhan Langka – Di...

Lestarikan Lingkungan, Ketua TP PKK Kutim Ikut Tanam Tumbuhan Langka – Di Momen HKG-PKK dan BBGRM Kaltim di Balikpapan

183 views
0

Teks: momen Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah melakukan penanaman tanaman langka di HKG-PKK dan BBGRM Kaltim di Balikpapan (foto dok TP PKK Kutim)

BALIKPAPAN – Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah ikut melakukan penanaman jenis pohon langka Etlingera balikpapanensis AD Poulsen atau sering dikenal “Jahe Balikpapan” yang diketahui memiliki banyak manfaat. Yakni sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh manusia. Momen pelestarian lingkungan tersebut diikuti istri Bupati Kutim tersebut melengkapi Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 19 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Balikpapan, Selasa, (2/8/2022).

Pada Kegiatan di KRB turut hadir Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Ketua TP PKK se Kabupaten/Kota dan para peserta lomba. Kegiatan hari kedua ini dihelat di tiga lokasi berbeda. Yaitu di Kebun Raya Balikpapan (KRB) dengan agenda senam bersama, penanaman anggrek dan jahe serta game fun bersama seluruh TP PKK Kabupaten Kota. Kemudian di Hotel Grand Tjokro dilaksanaan lomba-lomba Sekretariat, Pokja I, II, III dan IV. Selanjutnya di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan dilaksanakan penilaian stand pameran UKP2 oleh Panitia.

Ketua TP PKK Kutik Ny Hj Siti Robiah mengaku sangat mendukung kegiatan penanaman pohon-pohon langka ini. Karena sejalan dengan apa yang dilakukan Pemkab Kutim terkait lingkungan. 

“Kabupaten Kutai Timur juga berupaya menjaga keanekaragaman hayati. Termasuk melakukan Program Konservasi Keanekargaman Buah Langka Nusantara. Penanaman pohon merupakan bagian dari gerakan penghijauan yang harus dilakukan. Sebab hal itu bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat. Apalagi jenis pohon yang ditanam merupakan tumbuhan endemik Kalimantan dan mulai langka karena sulit dijumpai,” jelasnya.

Dengan demikian, keberadaan pohon dan tumbuhan langka di Kaltim tetap lestari dan tidak punah. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini