Beranda Keagamaan BAZNAS Kutim Peringati Idul Yatama – Santuni Anak Yatim Hingga Resmikan Depo...

BAZNAS Kutim Peringati Idul Yatama – Santuni Anak Yatim Hingga Resmikan Depo Air Minum

317 views
0

Momen saat Bupati Ardiansyah Sulaiman menghadiri dan menyerahkan santunan secara simbolis kepada 10 anak yatim. Foto: Wahyu Pro Kutim

SANGATTA – Memperingati Idul Yatama 1444 H atau hari raya anak-anak yatim, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kutai Timur (Kutim) menyalurkan santunan kepada anak yatim, Senin (15/8/2022). Selain menyantuni anak yatim, BAZNAS Kutim juga menyerahkan bantuan rutin pondok pesantren dan panti asuhan. Serta peresmian Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) Depo Air Minum Al-Faruq binaan BAZNAS.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Agung Al-Faruq, Komplek Islamic Center, Bukit Pelangi ini, turut dihadiri Bupati Ardiansyah Sulaiman. Orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut hadir sekaligus secara simbolis menyerahkan santunan kepada sepuluh anak yatim.

Nilai santunan adalah Rp 1 juta per anak yatim. Santunan langsung dimasukkan ke rekening Bankaltimtara atas nama penerima santunan. Momen tersebut turut disaksikan Seskab Rizali Hadi, Kepala Kemenag Kutim Mulyadi Mugheni, Direktur Perumdam TTB Kutim Suparjan, Kadiskop Darsafani. Kabag Kesra Setkab Kutim Andi Abd Rahman, Kepala UPT Disdik Sangatta Utara Arafah, perwakilan Forkopimda dan undangan lainnya.

Untuk semua kegiatan positif, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman akan terus mengapresiasi. Seperti yang program-program Baznas Kutim yang dilaksanakan hingga saat ini. Yakni Kutim Peduli, Kutim Cerdas, Kutim Taqwa dan Kutim Sejahtera. Ia berharap satu persatu program tersebut berdampak kepada delapan asnaf (golongan orang yang berhak menerima zakat, red).

“Program ini juga sangat membantu pemerintah daerah. Artinya agar kolaborasi pihak-pihak yang memberikan kemasyarakat tak tumpang tindih. Mudah-mudahan program BAZNAS yang sekarang sudah terarah,” sebut Bupati.

Namun demikian, program BAZNAS Kutim harus bersinergi saling melengkapi dengan program pemerintah. Agar program yang dijalankan bisa memberikan manfaat yang terbaik untuk masyarakat. Bupati tak lupa mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS yang sudah memberikan bantuan, sekaligus membina UMKM. Yakni kepada UMKM Depo Air Minum Al-Faruq.

“Selamat juga kepada anak-anak dari berbagai lembaga. Baik itu dari pondok pesantren, panti asuhan yang dihuni anak yatim maupun yatim piatu dan keluarga miskin. Semoga saja dengan bantuan seperti ini bisa membuat mereka tersenyum lebih lebar,” tutup Ardiansyah.

Sebelumnya, Ketua BAZNAS Kutim Masnif Sofwan menjelaskan, memperingati Idul Yatama adalah kegiatan yang berharga. Implementasi dari program Kutim Peduli BAZNAS Kutim. Pihaknya sengaja merangkai peringatan hari anak yatim itu dengan penyerahaan bantuan rutin pondok pesantren dan panti asuhan, serta peresmian UMKM Depo Air Minum Al-Faruq.

“Karena baru dua bulan ini kami melakukan pembaharuan sistem bantuan secara profesional. Untuk memberikan rasa keadilan dalam prolehan bantuan,” jelasnya.

Masnif menambahkan ke depan sesudah UMKM Depo Air Minum Al-Faruq bakal ada UMKM-UMKM lainnya yang dibina oleh BAZNAS Kutim. Ia berharap para mustahik tersebut nantinya bisa berkembang dan menjadi muzaki di kemudian hari. Sekedar diketahui, Idul Yatama merupakan ungkapan atas kegembiraan bagi anak-anak yatim. Sebenarnya bukan hari raya sebagaimana hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. (kopi7/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini