Beranda Entertainment Baris-Berbaris Kreasi Siswa SMKN 2 untuk HUT ke-77 RI – Tampil Memukau,...

Baris-Berbaris Kreasi Siswa SMKN 2 untuk HUT ke-77 RI – Tampil Memukau, Hasil Binaan Lanal Sangatta

1,008 views
0

Para taruna taruni SMKN 2 Sangatta Utara yang tampil memukau dalam baris berbaris kreasi di bawah binaan Lanal Sangatta Utara. (Fuji Pro Kutim)

SANGATTA – Selesai rangkaian inti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Rabu (17/8/2022), sebelum seluruh undangan kehormatan meninggalkan tempat upacara, ada suguhan menarik dari ratusan siswa SMKN 2 Sangatta Utara. Baris berbaris kreasi yang disuguhkan dalam tiga pleton. Yakni Pleton Lalu Lintas, Pleton PBB dan Pleton Semaphore.

Seluruh taruna dan taruni binaan Lanal Sangatta tersebut tampil mengenakan seragam warna putih. Mengiringi penampilan para siswa, oleh narator, dijelaskan sejarah tentang baris berbaris yang pertama kali dikenal sejak zaman kekaisaran Romawi, saat kekaisaran Julius Caeras. Maksudnya, agar pasukan di bawah kekaisarannya mempunyai rasa tanggung jawab, disiplin yang tinggi dengan melihat hasil akhir. Yaitu kerapian, kekompakan, ketertiban dan kesigapan. Baris berbaris menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin serta tanggung jawab. Selanjutnya baris berbaris melatih daya konsentrasi, solidaritas dan rasa setia kawan diantara para peserta.

“Seperti yang kita saksikan bersama, keselarasan dalam setiap gerakan diperolah dari latihan yang dilaksnakan secara terus menerus,” kata narator melalui pelantang suara.

Terdapat 23 gerakan yang ditampilkan oleh taruna taruni SMKN 2 Sangatta Utara. Gerakan isyarat menggunakan semaphore, isyarat pengendalian lalu lintas, serta gerakan baris-berbaris dengan isyarat peluit. Di lapangan Pleton yang ada membentuk formasi angka 77 sesuai usia Kemerdekaan Republik Indonesia. Melalui formasi yang ada diterjemahkan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa dinamis, bersinergi, tegas dan lugas.

Penampilan seluruh siswa tersebut pun mendapat aplaus meriah dari seluruh undangan yang hadir. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here