Beranda Kutai Timur Bimtek Penyusunan RBA dan Remunerasi BLUD Kutim – Berlangsung Lima Hari Efektif,...

Bimtek Penyusunan RBA dan Remunerasi BLUD Kutim – Berlangsung Lima Hari Efektif, Pagi Sampai Malam

95 views
0

Bimtek Penyusunan RBA dan Remunerasi BLUD UPT Dinkes Kutim di Ruang Crystal, Hotel Mercure, Samarinda, sejak Rabu (24/8/2022) benar-benar dilaksanakan maksimal sejak pagi hingga malam, selama lima hari efektif. (Fuji Pro Kutim).

SAMARINDA- Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) dan Remunerasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk 16 Unit Pelaksana Tenis (UPT) Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kutai Timur (Dinkes Kutim), benar-benar dilaksanakan maksimal. Berlangsung di Ruang Crystal, Hotel Mercure, Samarinda, sejak Rabu (24/8/2022), Bimtek ini akan berakhir pada Senin (29/8/2022) nanti.

Pelatihan penyusunan RBA dan remunerasi di lingkungan BLUD Dinas Kesehatan Kabupaten Kutim ini, merupakan kegiatan untuk menyusun RBA dan sistem remunerasi. Pesertanya yang merupakan Kepala Puskesmas, Kepala TU hingga pengelola UPT BLUD lainnya ini benar-benar diberi paparan materi secara rinci. Hingga simulasi penerapan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WITA hingga pukul 22.00 WITA setiap harinya. Bimtek hanya terjeda pada waktu istirahat saja. Benar-benar Bimtek rasa kuliah di kampus. Namun menilik pentingnya penyusunan RBA bagi BLUD, menjadi wajar Bimtek yang dilaksanakan secara dialogis ini dilaksanakan serius oleh panitia, pemateri maupun peserta. 

“Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan secara intensif selama lima) hari. Secara umum ruang lingkup pelatihan ini terdiri dari konsep RBA dalam perencanaan anggaran BLUD dan tata cara penyusunannya. Perhitungan remunerasi insentif jasa pelayanan sesuai Permendagri 79/2018,” kata Kasubbag Keuangan Dinkes Rahmi mewakili Kepala Dinasnya.

Selanjutnya peserta diajarkan terkait pemanfaatan tools (alat, red) RBA, remunerasi hingga tools perhitungan pajak bendahara BLUD. Ditambah penyusunan dokumen RBA, pemanfaatan tools RBA , tools remunerasi dan pajak berbasis excel dalam menyusun RBA. Terakhir sistem remunerasi dan perhitungan pajak.

Di hari ketiga pelaksanaan Bimtek, Jumat (26/8/2022), peserta dari masing-masing BLUD sudah diminta untuk mempresentasikan RBA yang telah disusun. Tak hanya 16 BLUD baru, namun 7 BLUD lama yang juga turut diundang dalam Bimtek. Total ada 23 BLUD menyampaikan presentasi RBA secara berurutan. Dimulai Puskesmas Long Mesangat, Teluk Lingga, Muara Wahau 2, Karangan. Selanjutnya Kaubun, RS Sangkulirang, Puskesmas Kaliorang, Sangatta Selatan. Rantau Pulung, Muara Bengkal, Labkesda, Puskesmas Batu Ampar, Muara Ancalong, Tepian Baru. Puskesmas Sepaso, Telen, Sangatta Utara, Busang, Sandaran, Teluk Pandan, Sangkulirang, Muara Wahau 1 serta Kongbeng.

“Namun untuk mencairkan suasana sekaligus penyemangat, seluruh peserta sebelum presentasi wajib menyuguhkan yel-yel dengan tema BLUD,” kata Rahmi. 

Untuk Bimtek hari keempat dan kelima, akan konsentrasi membahas remunerasi yang bakal diterapkan seluruh BLUD Pelayanan Kesehatan se-Kutim. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here