Beranda Entertainment Ribuan Peserta Bakal Meriahkan Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar – Warga Diminta...

Ribuan Peserta Bakal Meriahkan Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar – Warga Diminta Nonton, Ada Hiburan Reog dan Barongsai

168 views
0

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim Irma Yuwinda saat memimpin Technical Meeting. Foto: ist

SANGATTA- Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar (LGJMB) yang digagas Pemkab Kutim melalui Dinas Pendidikan untuk menyemarakkan HUT ke-77 RI bakal diikuti ribuan peserta. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, instansi pemerintah, swasta hingga masyarakat umum.

Lomba gerak jalan tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 28 Agustus 2022 besok. Start dimulai dari depan SMP Negeri 1Sangatta Utara Jalan Abdul Wahab Syahranie dan berakhir di Halaman Kantor Kecamatan Sangatta Utara. Panitia telah melaksanakan “Technical Meeting” pada Kamis (25/8/2022) di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kutim.

Ditemui usai memimpin ‘Technical Meeting’, Ketua Panitia sekaligus Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim Irma Yuwinda menjelaskan, bahwa peserta lomba berasal dari pelajar, instansi pemerintah, swasta dan masyarakat umum dalam 120 pleton. Setiap regu diisi oleh 22 orang. Dalam satu regu bisa terdiri dari pria saja, wanita saja atau kombinasi keduanya.

“Sebanyak 120 regu yang mendaftar terdiri dari, kategori SD sebanyak 21 regu, kategori SMP 21 regu, kategori SMA dan Perguruan Tinggi 16 regu, Instansi Pemerintah 20 regu dan umum sebanyak 42 regu,” ujarnya.

Melihat tingginya antusias peserta, panitia bakal berkoordinasi kepada Satlantas Polres Kutim, Dinas Perhubungan serta Satpol PP agar melakukan rekayasa lalu lintas. Guna keselamatan peserta dan pengguna jalan. Pihaknya meminta lajur kiri jalan dari depan SMPN 1 Sangatta Utara sampai dengan Kantor Camat Sangatta Utara di sterilkan.

“Kami harapkan partisipasi masyarakat untuk menonton di rute depan SMP 1 sampai Kantor Camat Sangatta Utara, kemudian di sepanjang (jalan) Yos Sudarso II, Jalan Karya Etam. Sehingga dapat menjadi penyemangat bagi seluruh peserta,” harap Irma.

Demi menjunjung tinggi obyektivitas penilaian seluruh peserta, panitia menunjuk TNI-Polri sebagai koordinator tim juri. Adapun kategori penilaian adalah keutuhan regu, kekompakan, kreatifitas, ketepatan waktu, kesesuaian properti (seragam) dengan tema kemerdekaan hingga kerapian. Selain itu demi mengefektifkan waktu, setiap tim diberi waktu tiga menit untuk menampilkan yel-yel di depan panggung kehormatan. Bupati, Wakil Bupati dan unsur Forkopimda serta kepala dinas didaulat sebagai peserta kehormatan dan bakal berjalan untuk menyapa langsung masyarakat dari garis start hingga panggung kehormatan di depan Bank Danamon, Jalan Yos Sudarso II.

Panitia juga menyajikan kesenian tradisional Reog Ponorogo dan Barongsai,” imbuhnya. Guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19, panitia mengimbau kepada masyarakat selain peserta gerak jalan, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama menggunakan masker. Selain itu, panitia juga mengharapkan agar seluruh pihak dapat menjaga kebersihan, dengan membuang sampah di tempat-tempat yang telah disediakan.

“Hasil lomba ini tidak langsung diumumkan, nanti akan mengikuti agenda perayaan HUT ke-23 Kutim pada 12 Oktober mendatang,” sebutnya. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here