Beranda Keagamaan Di Lokasabha V PHDI Kutim, Ardiansyah Sebut Kutim Terbuka untuk Semua

Di Lokasabha V PHDI Kutim, Ardiansyah Sebut Kutim Terbuka untuk Semua

62 views
0

Foto: Bupati Ardiansyah Sulaiman   memukul gong menandai pembukaan Lokasabha V PDHI Kutim didampingi Ketua PDHI Kaltim, I Made Subamia,Ketua FKUB Kutim Abdul Hafied Yusuf, Ketua PDHI Kutim, I Gusti Bagus Oka Mahendra. 

SANGATTA- Dengan potensi yang begitu besar, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi magnet bagi masyarakat Indonesia untuk mencari nafkah. Inilah yang menyebabkan Kutim menjadi miniatur Indonesia, bukan saja berisi berbagai suku bangsa dari seluruh pelosok nusantara tapi juga beragam agama. Kebhinekaan atau keberagaman ini bisa menjadi potensi besar, tapi dapat pula jadi ancaman jika hal ini tak bisa dikelola dengan baik. Sejalan dengan visi Pemkab yakni “Menata Kutim Sejahtera Untuk Semua, Kutim terbuka bagi siapa saja. Tidak ada perbedaan, semua punya kesempatan yang sama. 

“Kutim ini adalah sebuah wilayah yang begitu besar potensi kekayaan alamnya baik itu di darat maupun lautnya. Sehingga hal ini menarik minat banyak masyarakat dari segala tempat datang ke sini (Kutim) mencari nafkah, ” ujar Bupati Ardiansyah Sulaiman saat membuka Lokasabha V Parisada Hindu Dharma Indonesia (PDHI) Kutim di Q Hotel Sangatta, Sabtu (27/8/200). 

Pada kegiatan yang turut dihadiri Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kutim, H Abdul Hafied Yusuf dan unsur Forkopimda tersebut, Ardiansyah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada umat Hindu di Kutim. Karena telah menjaga toleransi dan sikap saling menghormati di antara pemeluk agama lainnya. 

“Melalui kesempatan ini, mewakili pemerintah dan masyarakat Kutim, saya menyampaikan apresiasi bagi umat Hindu telah memberikan warna dalam merajut kebhinekaan. Terima kasih atas upaya yang telah dilakukan selama ini dan diharapkan akan terus berkesinambungan. Selamat kepada seluruh peserta Lokasabha, semoga kegiatan ini melahirkan pemimpin yang mampu membawa dan mengayomi umat Hindu lebih baik lagi,” katanya. 

Sebelumnya Ketua PDHI Kutim I Gusti Bagus Oka Mahendra mengatakan bahwa kegiatan Lokasabha ini sesuai dengan anggaran dasar dari PDHI. Dalam Lokasabha yang digelar setiap 5 tahun ini akan dipilih ketua dan pengurus baru. Kemudian penyusunan rencana program kerja, sekaligus penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus. 

“Lokasabha ini adalah agenda rutin 5 tahunan PDHI. Di dalamnya akan memilih Ketua dan pengurus baru periode 2022-2027. Selain itu penyusunan program kerja dan evaluasi serta pertanggungjawaban pengurus. Di Kutim ada sekitar 3015 jiwa umat Hindu yang tersebar di beberapa kecamatan. Seperti di Kaliorang, Kaubun, Kongbeng, Long Mesangat, Rantau Pulung, Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Selatan,” jelasnya. 

Sementara itu Ketua Umum PHDI Kaltim I Made Subamia mengajak umat Hindu sedharma harus selalu menumbuhkan rasa kesadaran untuk bersatu. Dengan memegang teguh ajaran Tat Twam Asi, Vasudhaiva Kutumbakam dan Panca Sradha.

“Saya mengajak semua elemen agar bersatu berkolaborasi dengan saling berkontribusi. Kita harus bersinergi satu sama lain juga kepada Pemkab Kutim,” katanya. (kopi4/kopi3) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here