Beranda Kutai Timur DPM-PTSP Giatkan Promosi Daerah di Kaltim Expo 2022 – Buka Peluang Investasi,...

DPM-PTSP Giatkan Promosi Daerah di Kaltim Expo 2022 – Buka Peluang Investasi, Kenalkan Produk UMKM

46 views
0

Stan pameran DPM-PTSP Kutim mengenalkan produk UMKM dan potensi investasi di Kaltim Expo 2022, di Atrium Big Mall Samarinda. (Fuji Pro Kutim)

SAMARINDA- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) tak berhenti mempromosikan potensi daerah ke luar kabupaten. Upaya memperkenalkan segala bentuk potensi daerah terus dilakukan melalui berbagai kegiatan pameran. Paling anyar, sejak 24-28 Agustus 2022 ini, Pemkab Kutim melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) mengikuti pameran Kaltim Expo 2022 di Atrium Big Mall, Samarinda.

“Kali ini Kutim mempromosikan hasil industri UMKM dan kerajinan khas daerah. Salah satunya batik Wakaroros asli Kutim,” kata Kepala DPM PTSP Kutim Teguh Budi Santoso, belum lama ini.

Kutim menampilkan informasi produk unggulan hasil pembinaan OPD kabupaten, produk hasil olahan UMKM. Bersama peserta lain yang menampilkan produk barang dalam negeri, jasa perbankan atau keuangan, termasuk beberapa potensi dan peluang investasi dibidang infrastruktur, energi, industri dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan berskala besar.

“Diharapkan ajang promosi ini dapat menggairahkan, membangkitkan dan meningkatkan perekonomian dan investasi di Kutim,” kata Teguh didampingi Sekretaris DPM PTSP Kutim Nora Ramadhani.

Teguh yang mantan Sekretaris Dishub Kutim menambahkan, bahwa keikutsertaan Kutim kali ini tak hanya fokus mengenalkan produk-produk UMKM yang tak kalah dengan daerah lain. Namun juga membuka peluang pasar baru dengan menarik minat investor. Sebab, katanya, produk-produk Kutim seperti batik hingga komoditas perkebunan lainnya sudah menjadi komoditi ekspor. Ke depan, dengan meningkatnya investasi di Kutim, diharapkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat juga akan semakin membaik.

Kutim menjadi peserta Kaltim Expo 2022 bersama puluhan stan lainnya. Total ada 95 stan, terdiri 70 stan dari OPD Provinsi kaltim dan Kabupaten dan Kota, 20 stan UMKM dan 5 stan otomotif. Selain batik Wakaroros, stan pameran Kutim juga memajang produk makanan serta minuman hasil industri rumah tangga dan UMKM Kutim. Agar informasi terkait peluang investasi dapat tersampaikan dengan jelas kepada para pengunjung, di stan pameran Kutim juga dipasang layar televisi. Menampilkan seluk beluk potensi investasi di daerah dalam bentuk audio visual.

Kaltim Expo 2022 yang digelar untuk memeriahkan HUT ke 77 RI ini juga diramaikan dengan Parade Band, Lomba-Lomba, Talkshow, Fashion Show, Gebyar Posyandu dan Gerakan Anti Hoax. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here