Beranda Entertainment Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022 – Ardiansyah Harap Produk Kutim...

Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022 – Ardiansyah Harap Produk Kutim Tembus Pasar Global

100 views
0

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, GM External Affairs & Sustainable Development, PT KPC Wawan Setiawan, Ketua Panitia Rustam Efendy memukul drum menandai dibukanya Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022. Foto: Vian Pro Kutim

SANGATTA- Produk lokal Kutai Timur (Kutim) diharapkan mampu menembus pasar global. Hal itu menjadi harapan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang disampaikannya saat membuka Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022 di Town Hall, Swarga Bara Sangatta Utara pada Jumat (26/8/2022). Dalam berbagai kesempatan, kegiatan pemerintahan maupun masyarakat, Bupati senantiasa mengingatkan para pelaku UMKM untuk melahirkan produk- produk yang berkualitas. Agar mampu bersaing dengan produk dari wilayah atau negara lain. 

“Saya mengajak masyarakat yang akan menyelenggarakan sebuah kegiatan apakah itu keagamaan, budaya, olahraga atau pameran senantiasa menyertakan pelaku UMKM. Karena dengan kehadiran UMKM, masyarakat bisa mengenal produk-produk yang ditawarkan. Selain itu, para pelaku UMKM bisa berinteraksi dan bertukar informasi dan pengalaman,” jelasnya di acara yang turut dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, General Manager External Affairs and Sustainable Development PT KPC Wawan Setiawan. 

Ardiansyah menyampaikan bahwa Pemkab Kutim berkomitmen terus mendampingi para pelaku UMKM. Dengan memberikan pelatihan, stimulus bantuan modal, kebijakan dan regulasi yang lebih mudah. 

“UMKM adalah sektor ekonomi yang mampu bertahan di tengah kondisi krisis ekonomi dunia akibat covid. Maka dari itu Pemkab Kutim terus berupaya memberikan pendampingan secara kontinyu, baik melalui pelatihan, bantuan modal, regulasi yang lebih mudah dan sederhana,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Ardiansyah mengatakan bahwa Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM adalah salah satu bentuk pemberdayaan UMKM. Dia meminta agar UMKM diberikan ruang seluas-luasnya. Untuk berkreasi dan promosi produk-produk mereka. Sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Transaksinya harus tercatat dengan baik sebagai bahan laporan panitia kepada pemerintah,” pesannya. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022, Rustam Efendy menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 131 tenan atau pelaku UMKM. Akan berlangsung dari 26 Agustus hingga 4 September 2022. Rustam berharap kegiatan seperti ini akan berkesinambungan setiap tahun. 

“Terima kasih kepada Pemkab Kutim dan PT KPC, panitia serta seluruh pihak yang sudah membantu dan memfasilitasi. Sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Semoga tahun depan bisa berlanjut,” harapnya.(kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here