Beranda Entertainment Musda VI KKSS Kutim Dibuka Bupati – Pesan Ardiansyah, Mari Rajut Kebersamaan...

Musda VI KKSS Kutim Dibuka Bupati – Pesan Ardiansyah, Mari Rajut Kebersamaan Bangun Daerah

95 views
0

Bupati Ardiansyah Sulaiman  memukul gendang menandai pembukaan Musda VI KKSS Kutim (Hasyim pro kutim)

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman memukul gendang sebagai tanda dibukanya Musyawarah Daerah (Musda) VI Dewan Pimpinan Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (DPD KKSS) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Musda yang dihelat di Hotel Royal Victoria, Sangatta Utara pada Sabtu (27/8/2022) ini mengangkat tema “Bersama Kita Menjaga Adat dan Budaya 3S (Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi) dengan Semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Sebelum acara dimulai ditampilkan berbagai seni tari tradisional dari Sulawesi Selatan. Seperti tari Paduppa dibawakan Keluarga Mahasiswa Bone dan tari tiga etnis ditampilkan Sanggar Seni dan Budaya Lamaddukelleng.

Bupati Ardiansyah pada kesempatan ini mengatakan, jika selama ini Kalimantan Timur (Kaltim) dikenal sebagai miniatur Indonesia, namun faktanya Kutim adalah sebenar-benarnya miniatur Indonesia. Pasalnya di Kutim terdapat semua agama, suku dan budaya. Keberagaman ini bisa menjadi potensi besar, tapi dapat pula jadi ancaman jika tidak bisa dikelola dengan baik. 

“Yang kita butuhkan sekarang ini adalah merajut kebersamaan. Maka dari itu saat saya kembali memimpin Kutai Timur, visi yang wajib saya lakukan yaitu ‘Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua’,” ujarnya di hadapan Wakil Ketua I Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan BPD KKSS Kaltim H Andi Ade’ Lepu, Ketua DPRD Kutim H Joni, Anggota DPRD Kutim Agusriansyah Ridwan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan para tamu undangan lainnya. 

Lebih lanjut Ardiansyah menyampaikan terima kasih kepada KKSS Kutim yang telah ikut bersama-sama membangun daerah sampai saat ini. Tak lupa orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut mengucapkan selamat bermusyawarah kepada seluruh pengurus KKSS Kutim. Dia berharap hasil dari musyawarah ini senantiasa memberikan manfaat bagi semua.

Sebelumnya, Ketua Panitia Musda VI KKSS Kutim Muhammad Hasbi Gassing melaporkan bahwa tujuan musyawarah adalah sebagai ajang silaturahmi seluruh warga Sulawesi Selatan yang ada di perantauan. Menjadi bentuk persatuan 24 Kabupaten/Kota (pilar KKSS) dalam melahirkan pemimpin atau Ketua KKSS Kutim yang pro kepada masyarakat dan bisa mengayomi warga KKSS Kutim.

“Untuk Musda ini, peserta terdiri dari 24 pilar, 3 otonom, perwakilan Ketua KKSS Kutim, KKSS Kaltim. Dengan total 29 peserta ditambah 27 peninjau. Jadi jumlah keseluruhan peserta dan peninjau adalah 56,” jelasnya.

Sedangkan Ketua KKSS Kutim H Hasanuddin Sakka mengatakan bahwa seiring dengan berakhir masa jabatannya sebagai ketua, ia menyampaikan terima kasih kepada ketua-ketua pilar. Tentunya kepada seluruh warga KKSS Kutim atas kerja sama yang terjadi selama ini.

“Selama kepemimpinan kami, masih banyak harapan-harapan yang belum terpenuhi sampai saat ini. Oleh karena itu kami mohon maaf sebesar-besarnya, semoga KKSS Kutim lebih baik lagi ke depan,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua I Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan BPD KKSS Kaltim H Andi Ade’ Lepu bahwa musda ini adalah ejawantah dari “Tudang Sipulung” (bermusyawarah), sebuah semangat tradisi yang dibawa dari negeri Bugis. Tudang Sipulung sejalan dengan tema yang diusung pada musda kali ini yaitu “Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi”.

“Sipakatau artinya saling memanusiakan, saling menghargai sesama manusia, setara, duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Sipakainge adalah saling mengingatkan jika ada saudara kita yang salah, baik salah sikap maupun salah ucap dan Sipakalebbi adalah saling menghargai, saling hormat menghormati diantara kita,” jelasnya.

Diakhir sambutannya ia mengingatkan kepada seluruh warga KKSS Kutim untuk turut membantu pemerintah dalam pembangunan. Serta meminta kepada Bupati Kutim untuk mengingatkan warga KKSS bahwa tujuan merantau dasarnya adalah kebaikan dan kemanfaatan. (kopi14/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here