Beranda Kutai Timur RSUD Kudungga Luncurkan Pelayanan Hemodialisis, Website, hingga Logo Institusi

RSUD Kudungga Luncurkan Pelayanan Hemodialisis, Website, hingga Logo Institusi

290 views
0

Launching : Bupati Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, membuka pita tanda launching logo RSUD Kudungga Sangatta resmi digunakan. (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

SANGATTA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga makin ke sini, makin melengkapi sarana prasarana serta fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Hal ini terbukti dengan diluncurkannya pelayanan Hemodialisis, Website, dan Logo ko oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman pada Jum’at (2/9/2022) pagi di Aula Lt.3 Rumah Sakit.

Pelayanan Hemodialisis yang dibuka di RSUD Kudungga merupakan pelayanan cuci darah. Merupakan tindakan medis dengan menggunakan mesin cuci darah sebagai pengganti ginjal yang rusak dalam penyaringan racun-racun hasil metabolisme dalam tubuh dan sekaligus mengeluarkannya.

Pesan : Ditengah kemajuan-kemajuan yang terus ditunjukan oleh pihak RSUD Kudungga, Bupati Ardiansyah Sulaiman minta semua tetap memberikan layanan terbaik pada pasien. (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

Bupati Ardiansyah Sulaiman menyebutkan pelayanan hemodialisis merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang hadir di RSUD Kudungga. Keberadannya membantu pasien-pasien gagal ginjal untuk tetap mempertahankan semangat hidup dan beraktifitas sehari-hari. 

Sementara itu hadirnya logo institusi RSUD merupakan salah-satu perkembangan yang bagus sekali menurutnya. Perkembangan teknologi informasi yang terus maju setiap waktunya, maka keberadaan website mampu menerjemahkan informasi mengenai apa saja yang terkait rumah sakit, agar memudahkan diketahui oleh masyarakat luas. 

“Tiga hal yang dilakukan oleh pihak RSUD Kudungga, merupakan perkembangan yang sangat signifikan. Atas nama Pemkab Kutim, saya mengucapkan selamat pada RSUD yang pelayanannya satu demi satu meningkat. Namun saya tetap masih menekankan, kepada semua jajaran di RUSD untuk memberikan yang terbaik kepada para pasien,” tegas Ardiansyah Sulaiman.

Pelayanan Kesehatan : Nampak jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah bersama dengan Direktur RSUD Kudungga dr Yuwana Sri Kurniawati, bersama-sama tampil kedepan menunjukan semangat pelayanan kesehatan. (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Joni, Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Asisten I Pemerintahan Umum dan Kesra Poniso Suryo Renggono, Ketua TP PKK Siti Robiah, Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrani Hasanal, Dewan Pengawas BLUD Kudungga, Saleh pemenang lomba desain logo RSUD Kudungga, perwakilan Polres Kutim dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta tamu undangan lainnya.

Sebelumnya Direktur RSUD Kudungga dr Yuwana Sri Kurniawati menerangkan, penyakit gagal ginjal kronis berada di rangking keempat, diantara delapan penyakit yang membutuhkan biaya pengobatan yang tinggi. Serta memiliki dampak komplikasi yang mengancam jiwa. Dengan posisi serupa yang menyedot anggaran paling banyak di BPJS, setelah penyakit jantung, kanker, dan stroke. 

Pada kenyataanya untuk penderita gagal ginjal kronis, paling tidak harus melakukan cuci darah rutin hingga cangkok ginjal. Hal ini membatasi aktifitas fisik dan harus rajin mengkonsumsi berbagai obat yang disarankan oleh dokter.

Dukungan : Seluruh tamu undangan bersama Bupati dan Wakil Bupati menunjukkan dukungan penuh atas upaya pihak RSUD, dalam memajukan pelayanan kesehatan. (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

“RSUD Kudungga saat ini memiliki 4 buah mesin cuci darah yang telah diadakan sejak tahun 2019. Tahap demi tahap perizinan dilalui, dan setelah penantian panjang selama 3 tahun. Akhirnya terbit izin operasional dari Kementerian Kesehatan RI melalui sistem Online Single Submission (OSS) pada tanggal 18 Juli 2022,” ungkapnya disambut tepuk tangan tamu undangan.

Tidak cukup sampai disitu, Yuwana melakukan adendum pelayanan hemodialisis bersama BPJS. Yakni kegiatan peninjauan dan penyimpanan data-data faskes, berkaita dengan pelayanan profesi yang mencakup lisensi, riwayat, analisa praktek, hingga sertifikasi. RSUD kini siap melayani hemodialisis untuk masyarakat Sangatta dan sekitarnya, baik untuk layanan BPJS Kesehatan maupun layanan umum.

Pihak RSUD Kudungga pada waktu bersamaan melaunching pula website http://rsudkudungga.kutimkab.com beserta logo. Maksudnya untuk portal online agar memudahkan masyarakat memantau secara langsung akses informasi layanan di rumah sakit. 

Adapun untuk logo, merupakan brand institusi untuk mengenalkan keberadaan rumah sakit agar menjadi lebih besar dan dikenal oleh masyarakat luas. Sejak berdiri pada 2003 sebagai RSU Sangatta, lalu berubah lagi menjadi RSUD Kudungga pada 17 Maret 2012, belum memiliki logo. Maka pada hari kedua di bulan September 2022, RSUD Kudungga Sangatta hadir dengan logo. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here