Beranda Kutai Timur Buka Peluang Ekonomi, Diskop UMKM Gelar Pelatihan Aneka Olahan Gula Aren

Buka Peluang Ekonomi, Diskop UMKM Gelar Pelatihan Aneka Olahan Gula Aren

45 views
0

Suasana pembukaan Pelatihan Aneka Olahan Gula Aren. Foto: Wahyu Pro Kutim

SANGATTA – Sebanyak 30 peserta perwakilan dari delapan kecamatan di Kutai Timur (Kutim) ikuti Pelatihan Aneka Olahan Gula Aren Garapan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kutim. Kecamatan yang mengirimkan perwakilannya adalah Sangkulirang, Bengalon, Muara Bengkal, Kaubun, Karangan, Sangatta Selatan, Kaliorang dan Teluk Pandan. Pelatihan yang berlangsung di Teras Belad Cafe And Resto Sangatta, Senin (5/9/2022) pagi, dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. Dihadiri perwakilan OPD terkait, perwakilan Forkopimda dan undangan lainnya.

Bupati Ardiansyah Sulaiman saat membuka acara mengatakan, aneka produk olahan gula aren menjanjikan apabila dipasarkan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Meskipun untuk merawat atau menyadap pohon aren harus dilakukan oleh orang yang tekun mengerjakannya. Berikutnya, monitoring dan evaluasi kepada para peserta setelah pelatihan perlu dilakukan oleh Diskop UMKM. Agar diketahui progress peningkatan yang dicapai oleh peserta pascapelatihan.

“Supaya ke depan UMKM di Kutim dapat mandiri dalam mengolah hingga memasarkan produk-produknya,” harap Ardiansyah.

Harapan lainnya yang diinginkan Bupati yaitu dampak perekonomian global tam mempengaruhi Kutim. Sebab walaupun ada kekurangan, namun Kutim tetap masih memiliki banyak kelebihan sumber daya yang bisa dimaksimalkan.

Sebelumnya, Kepala Diskop UMKM Kutim Darsafani menjelaskan, pelatihan ini diisi oleh narasumber yang berkompeten yakni bapak Chandra Purnama dan Firman Nugraha, dari PT Arenis dari Garut, Jawa Barat. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, sejak Senin (5/9/2022) sampai Rabu (7/8/2022).

“Dengan diberikannya pelatihan ini, ke depan SDM tersebut dapat menjadi pelaku usaha mikro yang berkembang di daerah masing-masing,” ucapnya.

Ia berharap olahan gula aren ini bisa menembus pangsa pasar nasional dan hingga menjadi produk expor ke negara-negara luar. Sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat signifikan kemudian terwujud kesejahteraan. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here