Beranda Kutai Timur Ardiansyah Motivasi Semangat Belajar Mahasiswa IPDN Asal Kaltim

Ardiansyah Motivasi Semangat Belajar Mahasiswa IPDN Asal Kaltim

74 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat menemui para mahasiswa-mahasiswi calon praja IPDN asal Kaltim dengan perbincangan santai. Foto: Irfan/Pro Kutim

SUMEDANG – Selesai bertemu Rektor dan jajaran civitas Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman berkesempatan menemui para mahasiswa-mahasiswi calon praja IPDN dari Kaltim. Pertemuan berlangsung di Lantai 2 Ruang Graha Wyata Praja IPDN, Selasa (13/9/2022).

Dari pantauan Pro Kutim ada 35 praja asal Kaltim yang kini mengenyam pendidikan di IPDN yang berasal dari Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Kutim, Kubar, Kukar, Berau dan Bontang. Minus Mahakam Hulu (Mahulu). Khusus Kutim ada dua praja muda yang hadir yakni Muhammad Ikbal Kabil dan Juan Mikael Simatupang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Seskab Rizali Hadi, Kabag Pemerintahan Trisno dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Basuki Isnawan melakukan dialog hangat sekaligus berkenalan bersama calon praja Kaltim.

“Ini bagian dari lawatan Pemkab Kutim ke IPDN. Saya ingin sharing (berbagi, red) pengalaman saja sekaligus bertukar pikiran dalam pendidikan kepamongan di IPDN. Saya doakan para praja calon pamong sukses,” tegas Ardiansyah yang juga didampingi Camat Sangatta Selatan Vita Nur Hasanah dan Camat Batu Ampar Suriansyah Mutul.

Ia pun menegaskan, di Kutim banyak jebolan dari alumnus IPDN, salah satunya Seskab Kutim Rizali Hadi adalah mahasiswa yang lulus IPDN (dulu bernama APDN) tahun 1992 silam.

“Harapannya terus tumbuhkan semangat belajar dalam ilmu pemerintahan. Kehadiran kalian sangat dibutuhkan untuk melayani masyarakat. Dalam mengaplikasikan ilmu kepamongan pemerintahan yang sudah diterapkan di IPDN,” jelasnya.

Senada, Seskab Kutim Rizali Hadi memberikan wejangan kepada calon praja Kaltim. Agar tetap teguh dalam belajar di kurikulum pendidikan IPDN.

“Terus semangat belajar, ketika lulus nanti loyalitas dan integritas praja harus sudah siap. Ketika menemukan problematika di lapangan bisa diselesaikan dengan tuntas sesuai undang-undang. Ini sangat diperlukan kinerja ASN dengan kapasitas tinggi,” singkatnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Trisno yang juga almunus IPDN mengutarakan kepada calon praja tetap solid ketika ditempa di dunia kepamongan.

“Ketika terbiasa dalam tekanan belajar, ide dan kreativitas muncul ke permukaan. Artinya mempunyai motivasi tinggi untuk menjadi bekal ketika lulus, skill dalam pemerintahan terasah dengan matang,” urainya. 

Camat Sangatta Selatan Vita Nur Hasanah yang juga alumni IPDN turut memotivasi para adik tingkatnya agar memaksimalkan masa perkuliahan. Menurut Vita saat kuliah adalah waktu yang tepat melahap semua ilmu dari para pengajar.

“Adik-adik, saat kuliah adalah waktunya kita makan. Maksud makan di sini adalah mengambil seluruh ilmu yang ditransfer,” kata Vita mengingatkan.

Sebab semua ilmu tersebut baru terasa manfaatnya saat berhadapan dengan dunia kerja sebenarnya. Seperti menghadapi masyarakat, berkoordinasi dengan stakeholder serta menyelesaikan persoalan di lapangan. Setelah pertemuan, Bupati Kutim menyempatkan waktu berfoto bersama dengan seluruh praja asal Kaltim. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here