Beranda Kutai Timur Dipimpin Bupati, Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 61 di Kutim Semarak

Dipimpin Bupati, Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 61 di Kutim Semarak

43 views
0

Momen saat Bupati H Ardiansyah Sulaiman memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka  ke 61. Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Puncak Peringatan Hari Pramuka Nasional ke 61 tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ditandai dengan pelaksanaan upacara di halaman Sekertariat Kabupaten di Kawasan Pusat Pemkab Kutim di Bukit Pelangi Sangatta Pada Senin (19/9/2022). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati H Ardiansyah Sulaiman. Upacara diikuti oleh ratusan pengurus serta anggota pramuka, dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kutim.

Upacara yang  berlangsung lancar dan khidmat ini turut dihadiri Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim Asti Mazar, Unsur Forkopimda, pejabat dilingkup Pemkab Kutim serta para undangan yang tampak memadati mimbar kehormatan. 

Dalam kesempatan itu Bupati H Ardiansyah Sulaiman, membacakan pidato Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Ketua Kwarnas mengatakan, tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Memberi makna tekad untuk terus mengabdi tanpa batas diberbagai bidang khususnya bagi anggota pramuka. 

“Pengabdian yang sudah kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka,” ujarnya.

Dalam organisasi kepramukaan, seluruh anggota telah dididik untuk terus memberikan perhatian terhadap sesama. Siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu sejalan dengan kode kehormatan, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya.

Saat ini, lanjutnya, seluruh wilayah di belahan dunia termasuk Indonesia, masih dalam situasi pandemi COVID-19. Dalam membantu mengatasi dan menanggulanginya, gerakan pramuka telah melakukan banyak hal. Dirinya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga pandemi COVID-19 segera melandai. Hingga pramuka bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas peran serta semua. Termasuk anggota pramuka yang turut terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi COVID-19. Dengan menunjukkan sikap empati dan simpati, siap menolong mereka yang terdampak karena pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya. 

Puncak peringatan Hari Pramuka ke 61 di Kabupaten Kutim yang berlangsung lancar tersebut, juga dirangkai dengan pengukuhan Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega Garuda Tahun 2022 oleh Ketua Kwarcab Asti Mazar. Penyerahan hadiah kepada pemenang kwartir tergiat. Seluruh kegiatan ditutup dengan penampilan tarian massal oleh gabungan anggota pramuka dari Kecamatan Sangatta Utara dengan tema “Ragam Budaya Membangun Bangsa”. (kopi6/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here