Beranda Kutai Timur Muluskan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Pengawas Sekolah Diberi Bimtek Penguatan Kapasitas

Muluskan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Pengawas Sekolah Diberi Bimtek Penguatan Kapasitas

250 views
0

Bimtek : Terlihat suasana pembukaan bimtek yang digelar pihak Dinas Pendidikan. (Foto Wahyu Yuli Pro Kutim)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berupaya untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan di daerah, hal ini termasuk langkah persiapan untuk mengimplementasikan metode Kurikulum Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Seperti yang dilakukan Dinas Pendidikan pada Jumat (23/9/2022) di Hotel MS Sangatta, dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti seluruh Pengawas Sekolah pada semua jenjang se-Kutim.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono menegaskan pendidikan memiliki peranan penting dalam menjaga keberlangsungan pembangunan di Indonesia. Mulai dari pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

Terlebih persoalan pendidikan yang kerap kali muncul di negara-negara berkembang, yakni belum adanya pemahaman secara komperhensif. Sehingga lantas tak diiringi dengan langkah-langkah yang berkesinambungan untuk kemajuan dunia pendidikan.

“Pendidikan juga menanamkan tata nilai yang serba luhur atau akhlak mulia norma-norma cita-cita tingkah laku dan aspirasi yang selalu berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan kepentingan pembangunan bangsa khususnya pembangunan sumber daya manusia,” papar Asisten I, dihadapan Plt Kadisdik Irma Yuwinda dan para peserta bimtek

Poniso memberikan apresiasi terkait digelarnya bimtek untuk seluruh pengawas sekolah. Karena ini berkaitan erat dengan pengetahuan dan wawasan, serta meningkatkan mutu sekolah yang ada di Kutim.

“Dengan semakin beratnya tugas yang di emban oleh para pengawas, saya berharap seyogyanya hal ini diimbangi dengan ilmu pengetahuan yang berimbang. Jangan sampai para pengawas ini nantinya malah kalah, dengan yang diawasi,” pesan Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Sebelumnya, Plt Kadisdik Irma Yuwinda menyebutkan bahwa bimtek berlangsung pada 23-24 Oktober 2022. Dengan tema, “Penguatan Kapasitas Pengawas Sebagai Narasumber On House Training Merdeka Belajar”. Terdapat 43 pengawas sekolah yang mengikuti bimtek, baik pengawas dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Narasumber bimtek merupakan pihak Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kaltim. Ini juga merupakan penerapan implementasi Kurikulum Merdeka, sekaligus penguatan kapasitas para pengawas sekolah,” pungkasnya.(kopi6/kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here