Beranda Entertainment Bupati Kutim dan Istri Hadiri Erau Pelas Benua di Tenggarong – Dukung...

Bupati Kutim dan Istri Hadiri Erau Pelas Benua di Tenggarong – Dukung Pelestarian Budaya dan Kesultanan Kutai Ing Martadipura

110 views
0

Momen saat Bupati H Ardiansyah Sulaiman menghadiri acara Erau Pelas Benua yang digelar oleh Kesultanan Ing Martadipura. Foto: Fuji Pro Kutim

TENGGARONG- Erau Pelas Benua yang digelar oleh Kesultanan Kutai Ing Martadipura setiap tahun selalu menarik perhatian warga Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Seperti yang dilaksanakan Minggu (25/9/2022) kali ini. Kendati baru rangkaian awal dari seluruh prosesi ritual adat, namun ribuan warga dari berbagai penjuru tanah Kutai tetap memadati area Keraton Kesultanan Kutai yang kini telah dijadikan Museum dengan nama Mulawarman tersebut. Karena merupakan kegiatan budaya berskala nasional, Erau yang dilaksanakan di Komplek Keraton Kesultanan Kutai Ing Martadipura, tepat di hadapan tepi Sungai Mahakam, kali ini juga diliput oleh ratusan media cetak maupun online (daring, red). 

Pembukaan Erau Pelas Benua  yang bakal berlangsung hingga 3 Oktober 2022 ini turut dihadiri Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman beserta istri Ny Hj Siti Robiah dan jajaran. Ardiansyah duduk di panggung kehormatan, diapit Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah di sebelah kanan dan Wakil Walikota Bontang Ny Najirah di sebelah kiri, sejajar dengan Sultan Kutai Ing Martadipura H Aji Muhammad Arifin dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Hadi Mulyadi. Selain keluarga dan kerabat kesultanan, acara ini juga dihadiri raja-raja di sekitar wilayah Kesultanan Kutai. Serta Raja Goa dari Sulawesi.

Sejak pukul 09.30 prosesi dimulai. Diawali dengan parade masyarakat adat berbagai suku yang telah lama bermukim di tanah Kutai. Kepada Sang Sultan, mereka menyerahkan seserahan untuk selanjutkan dibagikan kepada masyarakat yang memerlukan. Setelah penyampaian laporan Ketua Panitia, sambutan Bupati Kukar dan Wagub Kaltim, seluruh undangan dan masyarakat yang hadir berkesempatan menyaksikan tari-tarian tradisional khas Kutai dan kesenian lainnya.

Kehadiran Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan Istri Ny Hj Siti Robiah beserta jajaran kali ini merupakan bentuk dukungan pelestarian budaya dan keberadaan Kesultanan Kutai Ing Martadipura di Kaltim. Maka sudah barang tentu orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut hadir dengan mengenakan pakaian adat khas Kutai warna hitam. Pada pukul 11.00 WITA, Ardiansyah bersama Sultan dan kepala daerah lainnya didaulat menyulut api ke tiang obor di halaman Keraton menandai pembukaan Erau Pelas Benua tahun ini. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here