Beranda Kutai Timur November 2022, DPK Kutim Bakal Luncurkan Perpustakaan Buku Digital

November 2022, DPK Kutim Bakal Luncurkan Perpustakaan Buku Digital

126 views
0

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kutai Timur Dr. Ayub, SE.M.Si (tengah) didampingi Kepala Bidang Akuisisi Pengelolaan dan Layanan Kearsipan Budhianur (kanan), Fitra Yudhi Hakim Fungsional Perencanaan (kiri) memberikan keterangan usai mengikuti Coffee Morning, 3/10/2020. Foto: Adi Sagaria

SANGATTA- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berencana meluncurkan buku digital e-Kutim pada November 2022 mendatang. Hal ini disampaikan sendiri oleh Kepala DPK Kutim Ayub pada saat rapat kerja Pemkab, pada awal pekan lalu.

“Awalnya peluncuran buku digital e-Kutim akan dilaksanakan Oktober 2022 ini. Bertepatan dengan HUT Ke 23 Kutim. Namun diundur ke November,” kata Ayub saat menyampaikan laporannya pada rapat yang berlangsung di Ruang Meranti, Kantor Bupati pagi itu.

Saat memberi keterangan, Ayub didampingi Sekretaris DPK Kutim Rakhmad Rosadi dan Kepala Bidang Akuisisi Pengelolaan dan Layanan kearsipan Budhianur dan Fungsional Perencana Fitra Yudhi Hakim. Ayub menambahkan, anggaran yang akan digunakan untuk program peluncuran buku digital tersebut bersumber dari APBD Perubahan 2022.

Dia merincikan, buku digital perpustakaan yang akan diluncurkan nanti terdiri dari 950 judul. Dengan perpustakaan yang didukung buku digital e-Kutim ini , tentu akan memudahkan pembaca atau anggota Perpustakaan saat memilih buku yang tersedia. Teknisnya nanti, DPK tinggal membagi dan menyebar luaskan aplikasi.

“Masyarakat bisa buka buku apa saja yang ada dalam aplikasi itu untuk dibaca,” jelasnya.

Diakui olehhnya, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama anak sekolah selama ini, pihak DPK tak hanya membuka perpustakaan di desa-desa, namun juga gencar menggunakan mobil perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling mengunjungi sekolah-sekolah membawa buku untuk dibaca. Ke depan dengan diluncurkannya perpustakaan dengan buku digital kegiatan literasi masyarakat akan semakin mudah.

“Tinggal buka aplikasinya, pilih buku yang ingin dibaca, selanjutnya nikmati momen membaca,” (kopi8/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here