Beranda Kutai Timur Target Pemilih Pemula, Disdukcapil Buka Perekaman e-KTP di Expo Kutim

Target Pemilih Pemula, Disdukcapil Buka Perekaman e-KTP di Expo Kutim

86 views
0

Kabid Layanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kutim Muhammad Syarif. (foto: Wahyu Yuli Pro Kutim)

SANGATTA- Pada 2024 mendatang, Indonesia bakal menggelar pesta demokrasi, yakni pemilihan legislatif, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden hingga pemilihan kepala daerah. Jelang pemilu tentunya juga akan ada dinamika jumlah pemilih. Salah satu yang membuat perubahan di data tersebut adalah pemilih pemula.

Berkaitan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutim memanfaatkan momen gelaran Pekan Raya Kutim Expo 2022 untuk memberikan layanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi pemilih pemula. Guna mengejar capaian target pendataan jelang Pemilu Serentak 2024 mendatang.

“Untuk usia 15 hingga 17 tahun, masyarakat cukup membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) saja dan langsung bisa dicetak (e-KTP). Bagi yang berumur 15 dan 16 tahun akan diberikan apabila yang bersangkutan sudah memasuki usai 17 tahun,” ucap Kepala Bidang Layanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Muhammad Syarif ditemui Pro Kutim, Selasa (11/10/2022).

Syarif begitu biasa ia dipanggil, menjelaskan pelayanan ini merupakan bagian dari upaya untuk pemenuhan hak konstitusi bagi masyarakat. Dirinya juga mengajak masyarakat yang berkunjung ke expo untuk mampir dan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Disdukcapil.

“Layanan lain juga ada, perbaikan data kependudukan, keterangan pindah juga bisa. Namun kita arahkan untuk ke layanan online ( www.disdukcapil.go.digital ), selain itu sekarang dokumen selain KTP sudah bisa dicetak secara mandiri oleh masyarakat,” bebernya.

Dirinya menambahkan dalam event yang akan berlangsung selama enam hari ini, pihaknya menargetkan mampu mencetak e-KTP sebanyak 600. Hal itu mengingat alat serta pegawai teknis yang berjaga di lokasi stand expo terbatas.

“Untuk layanan cetak e-KTP kita hanya lakukan di hari kerja, namun karena kita mengejar capaian target pemilih pemula, perekaman kita layani hingga malam hari selama expo ini berlangsung,” pungkasnya. (kopi6/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here