Beranda Infrastruktur Ardiansyah Resmikan Bangunan KUD Tepian Prima Sawit Senilai Rp1,5 Miliar

Ardiansyah Resmikan Bangunan KUD Tepian Prima Sawit Senilai Rp1,5 Miliar

417 views
0

Tandatangani : Bupati Ardiansyah Sulaiman menandatangani prasasti peresmian yang didampingi oleh pihak koperasi dan mitra usaha koperasi. Foto: Ronall J Warsa Pro Kutim

BENGALON – Bupati Ardiansyah Sulaiman meresmikan kantor Koperasi Unit Desa (KUD) Tepian Prima Sawit pada Minggu (23/10/2022), di Jl Datuk Macan, Desa Tepian Langsat di Kecamatan Bengalon. Dengan diresmikannya kantor KUD, diharapkan menjadi bukti nyata jika Pemkab Kutai Timur mendukung upaya percepatan pertumbuhan ekonomi lokal di tiap-tiap kecamatan.

Ardiansyah Sulaiman dihadapan tamu undangan maupun pengurus KUD Tepian Prima Sawit mengatakan hal yang menarik dari koperasi ini, karena mampu memberikan kemudahan dan kesempatan pada anggotanya untuk turut ambil kegiatan dalam setiap usahanya. Ia meyakini kebersamaan KUD dan pemerintah desa, dapat menjadi bentuk komitmen yang luar biasa dalam berjalannya KUD.

“Hal yang menjadi kebanggaan saya, bagaimana Ketua KUD bersama dengan anggota koperasi yang tercatat. Tetap masih mempersilahkan bagi warga eks Tepian Langsat, yang ingin ikut bergabung menjadi anggota koperasi. Ini luar biasa,” terang Bupati disambut tepuk tangan meriah tamu undangan.

Resmikan : Bupati Kutim didampingi Wakil Ketua II DPRD Arfan saat meresmikan bangunan koperasi. (Ronall J Warsa Pro Kutim)

Pemimpin Kutim tersebut mengingatkan, jika persoalan yang menjadi momok bagi pertumbuhan koperasi ialah persoalan manajemen keuangan hingga manajemen pemberdayaan. Sehingga penguatan bersama antara pihak koperasi, pemerintah desa, mitra perusahaan, dapat memberikan kesejahteraan untuk anggota.

“Pemerintah sangat menghargai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan. Apalagi dengan kondisi ekonomi global dimana ada perang antara Rusia dan Ukraina, yang menimbulkan dampak besar ekonomi bagi negara-negara di dunia,” ungkapnya.

Amati : Terlihat bagaimana pemimpin Kutim mengamati tiap-tiap ruangan kantor KUD Tepian Prima Sawit. (Ronall J Warsa Pro Kutim)

Tetapi Ardiansyah Sulaiman menenangkan masyarakat Kutim, dengan memberikan laporan yang dibeberkan Gubernur Isran Noor. Kaltim mendapat durian runtuh dari persoalan tersebut, karena banyak produk-produk asal daerah ini yang masuk ke pasaran dunia.
Sehingga meningkatkan pendapatan Kaltim. Ia mengecek pendapatan Kaltim di 2021, masuk dalam penyumbang pendapatan terbesar kedua setelah Jawa Barat.

“Semoga di 2022 ini, kita tetap mendapatkan posisi tersebut,” harap Bupati yang diamini semua tamu undangan.

Amati : Terlihat bagaimana pemimpin Kutim mengamati tiap-tiap ruangan kantor KUD Tepian Prima Sawit. (Ronall J Warsa Pro Kutim)

Sebelumnya Ketua KUD Tepian Prima Sawit Edy Wahyudi menceritakan, keinginan mendirikan bangunan kantor koperasi yang representatif bermula pada 3 tahun lalu. Lalu disepakati dan masuk rancangan anggaran dan belanja koperasi mulai dari tahun 2019. Pembangunan kantor dan fasilitas penunjang lainnya memakan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Lantas diresmikan oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman dengan penuh rasa syukur dan bahagia oleh semua pihak.

“Hari ini telah berdiri dan selesai pembangunannya, dengan maksud untuk menunjang operasional unit usaha dan anggota koperasi. Dengan adanya kantor ini, baik pengurus, pengawas, maupun anggota, dapat lebih giat lagi melahirkan ide-ide yang menunjang perkembangan koperasi,” harapnya.

Berdoa : Peresmian bangunan kantor KUD dan prasarana lainnya, diiringi pula dengan doa bersama semua pihak. (Ronall J warsa Pro Kutim)

Perlu pembaca ketahui, KUD Tepian Prima Sawit Tepian Langsat tidak saja menyelesaikan pembangunan kantor tetapi juga mendirikan sarana dan prasarana pendukung lainnya. Yakni berupa 2 unit rumah untuk manajer dan staf koperasi, menara kantor, satu rumah mesin, taman, hingga tempat parkir kendaraan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Arfan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop-UMKM) Darsafani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Muhammad Muhir, Manajemen PT. DSN Group Muhammad Maryadi, Kades Tepian Langsat Zeky Hamzah, hadir pula tokoh-tokoh agama, adat, dan masyarakat. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here