Beranda Kutai Timur Di Kutim, Tes VCT Bisa di 18 Puskemas Kecamatan – Jangan Malu,...

Di Kutim, Tes VCT Bisa di 18 Puskemas Kecamatan – Jangan Malu, Rahasia Terjamin !

87 views
0

Ketua KPAD Kutim Kasmidi Bulang didampingi Sekretaris Harmaji saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto: Wahyu Yuli Pro Kutim

SANGATTA- Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di 18 Kecamatan Kutim untuk tidak enggan memeriksakan diri terkait HIV/AIDS di pusat pelayanan kesehatan terdekat.

“Jadi bagi masyarakat yang was-was atau ingin mengetahui dirinya tertular atau tidak, sekarang di setiap puskesmas kecamatan sudah ada layanan untuk melakukan tes VCT (voluntary counselling and testing, red) dan itu gratis, serta dijamin kerahasiannya,” ujarnya kepada awak media usai melakukan kunjungan kerja tim KPAD ke PT KPC, Kamis (27/10/2022).

Selain itu, dirinya menjelaskan, HIV merupakan salah satu penyakit disebabkan oleh virus yang merusak sistem kekebalan tubuh. Dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel yang hancur, maka daya tahan tubuh seseorang akan makin melemah dan rentan diserang berbagai penyakit.

“Namun, kita tidak boleh menjustifikasi (klaim pembenaran, red) mereka sebagai kutukan. Mari kita rangkul dan bantu, karena mereka suadara kita yang perlu dilindungi,” pintanya.

Di sisi lain, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi serta memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat yang berkolaborasi dengan berbagai organisasi serta instansi pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kutim.

“Ini penyakit (HIV/AIDS) yang disebabkan oleh ulah manusia, mari kita cegah sama-sama,” pungkasnya. (kopi6/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here