Beranda Kutai Timur Siapkan SDM Mumpuni, Pemkab Kutim Tingkatkan Kapasitas Aparatur Kecamatan

Siapkan SDM Mumpuni, Pemkab Kutim Tingkatkan Kapasitas Aparatur Kecamatan

213 views
0

Sekretaris Kabupaten Rizali Hadi saat menghadiri kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Kecamatan se-Kutim yang berlangsung di Hotel Selyca, Samarinda. Foto: Istimewa for Pro Kutim

SAMARINDA- Sebagai perangkat daerah yang melaksanakan sebagian kewenangan pimpinan daerah di wilayah kecamatan, Camat dan unsur pemerintahan di kecamatan senantiasa harus mendapatkan dukungan penguatan kapasitas sumber daya yang lebih baik. Terlebih lagi dalam menyelesaikan program  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sesuai dengan periodisasinya. 

“Pembekalan dan keterampilan baik manajerial maupun teknis  terkait dengan pelaksanaan tugas di kecamatan dalam rangka akselerasi  suksesi, visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kutim 2021-2025,” jelas Sekretaris Kabupaten Rizali Hadi saat membuka kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Kecamatan se-Kutim yang berlangsung di Hotel Selyca, Samarinda, Rabu (2/11/2022). 

Rizali menegaskan bahwa bimtek peningkatan kapasitas aparatur kecamatan se-Kutim dipandang perlu. Mengingat periodisasi RPJMD Kutim 2021-2025 berbeda dengan masa jabatan bupati dan wakil bupati. 

“Hal ini penting karena masa jabatan bupati dan wakilnya berbeda dengan periodisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) yang disusun tiap lima tahun,” jelas Rizali.

Masa bupati dan wakilnya saat ini tidak sampai lima tahun. Otomatis program itu harus dilaksanakan lebih cepat dari yang seharusnya. Maka dibutuhkan aparatur yang siap kerja dan berlari menyelesaikan program tersebut. Ditegaskan oleh Seskab, Pemerintah Kecamatan adalah ujung tombak, pengejawantahan kepala daerah di kecamatan. Untuk itulah diperlukan penguatan kepada aparatur kecamatan sebagai ujung tombak pembangunan di kecamatan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setkab Kutim Trisno menambahkan, kegiatan bimtek tersebut menghadirkan narasumber yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri RI, Badan Pengembangan SDM Kaltim, BAPPEDA dan BPKAD Kutim dan praktisi lainnya. Dengan materi diantaranya peran kecamatan dalam akselerasi visi, misi dan program kerja pimpinan daerah, fungsi dan kedudukan kecamatan, penguatan kelembagaan.

“Selanjutnya manajemen SDM Kecamatan, pengelolaan administrasi dan keuangan kecamatan, etika layanan publik, tata naskah dinas dan kearsipan serta peran Bagian Tata Pemerintahan. Sebagai simpul koordinasi penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang dilaksanakan oleh kecamatan,” jelasnya.

Dia berharap setelah bimtek yang berlangsung selama tiga hari efektif tersebut, ada peningkatan penguatan dan kapasitas sumber daya aparatur kecamatan. Secara organisasi maupun masing-masing individu. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here