Beranda Keagamaan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Kutim, Hadirkan 244 Cakades

Deklarasi Damai Pilkades Serentak Kutim, Hadirkan 244 Cakades

110 views
0

Penceramah Das’ad Latif saat memberikan tausiah dalam momen deklarasi damai Pilkades Serentak di Kutim. Foto: Wahyu Yuli Pro Kutim

SANGATTA- Silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2022 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang digelar di halaman Lapangan Helipad Bukit Pelangi pada Kamis (4/11/2022) malam berlangsung penuh khidmat dan meriah. Pasalnya dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh calon kepala desa (cakades) dari 77 desa.

Acara yang dipandu langsung oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setkab Kutim Basuki Isnawan ini diawali dengan doa bersama lintas agama. Serta pembacaan deklarasi damai oleh seluruh cakades berjumlah 244 peserta. Kegiatan ini turut disaksikan oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kasmidi Bulang, unsur pimpinan Forkopimda serta beberapa anggota DPRD. 

Panitia penyelenggara yang menghadirkan penceramah kondang nasional yakni Ustad Das’ad Latif sukses menarik minat ribuan masyarakat untuk datang memadati area alun-alun ibu kota kabupaten itu.

Dalam kesempatan itu, Ardiansyah mengucapkan selamat datang kepada Ustad Das’ad. Dirinya menyebut sudah sejak lama masyarakat Kutim menantikan kehadiran serta  mendengarkan secara langsung tausiah dari penceramah enerjik asal Sulawesi Selatan ini yang terkenal dengan kalimat, “gas pol atau rem-rem”.

“Kami berharap, nanti bisa memberikan pencerahan kepada calon kepala desa serta masyarakat yang ada di Kutim,“ ujarnya.

Terkait deklarasi damai, Ardiansyah berharap momentum ini dijadikan untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif. Khususnya dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan segera dilaksanakan serentak di 77 desa yang ada di Kutim.

“Satu sama lain saling menghargai, menang dan kalah itu sudah biasa,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wabup Kasmidi Bulang, dirinya berharap agar pesta demokrasi ini dijadikan momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat. Artinya apapun hasilnya mampu diterima oleh semua pihak dengan lapang dada.

“Layaknya seorang yang berjiwa ksatria, apa pun hasil dari Pilkades nanti, kita semua wajib menerima, apalagi tadi sudah deklarasi damai,” ucap Kasmidi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPDes) Kutim Yuriansyah mengatakan, proses Pilkades serentak di 77 desa di 18 kecamatan melibatkan jumlah peserta sebanyak 244 cakades. Mereka sebelumnya sudah melalui tahapan penetapan dan pencabutan nomor urut calon. 

“Untuk desa yang pesertanya lebih dari lima (cakades), sudah dilakukan seleksi tambahan kemudian ditetapkan oleh panitia tingkat desa dan malam ini dilaksanakan deklarasi damai,” ujarnya.

Dari pantauan Pro Kutim, dalam tausiahnya Ustad Das’ad latif mengajak kepada masyarakat khususnya kepada para cakades agar mampu meneladani sifat kepemimpinan baginda Nabi Muhammad SAW. Serta menghindari praktik kotor saat Pilkades berlangsung.

“Tidak ada gunanya kalian menang Pilkades, kalau kita terpecah belah, maka nikmat yang wajib kita syukuri saat ini di Kutim adalah karena damai dan masyarakat hidup tentram,” ujar Das’ad latif yang disambut riuh tepuk tangan masyarakat yang hadir. (kopi6/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here