Beranda Kutai Timur DPMPDes Kutim Siap Laksanakan Pilkades 5 Desember 2022

DPMPDes Kutim Siap Laksanakan Pilkades 5 Desember 2022

76 views
0

Kepala Dinas DPMPdes Yuriansyah T. Foto: Ist for Pro Kutim

SANGATTA- Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 5 Desember 2022 mendatang, Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPDes) kembali akan menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pada 30 November 2022. Agar pesta demokrasi tingkat desa tersebut bisa lancar dan sukses dilaksanakan.

“Saat ini sudah memasuki tahap penetapan calon pemilih kades. Panitia kabupaten, siang ini akan melakukan rapat guna membahas jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di kecamatan dan desa. Harapannya data DPT sudah bisa diperoleh usai rapat siang ini,“ jelas Kepala Dinas DPMPdes Yuriansyah T usai ditemui Senin (21/11/2022).

Terkait besaran anggaran pilkades serentak ini, Yuriansyah menjelaskan bahwa setiap desa besarannya bervariasi tergantung dengan besar kecilnya jumlah DPT di masing- masing desa. Mekanisme penyalurannya melalui usulan desa ke Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD).

“Anggaran pilkades ini ada di BPKAD bukan di DPMPdes dan prosedur penyalurannya berdasarkan usulan dari tiap desa, besarannya bervariasi. Setelah disetujui BPKAD maka langsung disalurkan ke rekening desa masing-masing,” jelasnya.

Yuriansyah juga menyampaikan bahwa hingga saat ini semua tahapan pilkades sudah dilalui dengan lancar tanpa ada kendala yang signifikan. Diharapkan hingga hari pelaksanaannya berjalan dengan aman dan lancar.

“Pelaksanaan Pilkades serentak di Kutim yang akan diikuti 77 desa itu diharapkan dapat berjalan aman, damai dan demokratis,” jelas Yuri.

Yuriansyah menambahkan, melalui rakor persiapan pilkades serentak tahun 2022 ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan. Serta mempermudah pelaksanaan tahapan pilkades serentak. Semua pihak dapat betul-betul mencermati semua aturan, sehingga tidak menimbulkan permasalahan.

“Saya meminta panitia selalu komunikasi secara intensif dengan lembaga-lembaga desa serta berbagai komponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan pilkades,” ujarnya.

Selain itu, dia berpesan agar seluruh yang terlibat sebagai pelaksana pilkades, untuk bersikap profesional, jujur, adil dan tidak menunjukan sikap keberpihakan kepada salah satu calon. Selanjutnya selalu bermusyawarah dan mengesampingkan ego pribadi atau kelompok.

Terakhir Yuriansyah mengajak seluruh warga desa untuk datang berbondong- bonding ke TPS menggunakan hak pilihnya. Kepada para calon kades dapat menjaga situasi yang kondusif, sampai pada akhir proses pilkades. Sesuai dengan deklarasi damai yang sudah diucapkan beberapa waktu lalu.

“Mari kita jadikan momen ini sebagai sebuah pelajaran demokrasi untuk menghargai sebuah perbedaan. Semoga seluruh pihak bisa berpartisipasi secara aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi tingkat desa ini dan dapat memberikan kontribusi positif bagi terselenggaranya pilkades yang aman, tertib dan lancar,” tutupnya. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here