Beranda Kutai Timur Kepala DPMDes Kutim Sampaikan Komitmen Pemkab – Tingkatkan SDM Tekan Angka Kemiskinan

Kepala DPMDes Kutim Sampaikan Komitmen Pemkab – Tingkatkan SDM Tekan Angka Kemiskinan

47 views
0

Kepala Dinas DPMPdes Yuriansyah T. Foto: Ist for Pro Kutim

SANGATTA- Sebagai leading sector, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPDes) Kutai Timur (Kutim) terus berkomitmen menggulirkan beberapa program unggulan. Diantaranya program peningkatan kapasitas dan legalitas usaha skala rumah tangga, kemudian peningkatan partisipasi masyarakat malam pengembangan lembaga ekonomi pedesaan. Berikutnya monitoring dan evaluasi Badan Usaha Milik Desa (BumDes) serta pelatihan perempuan di pedesaan dalam bidang usaha ekonomi produktif.

“Kami selalu berupaya memberikan peningkatan kapasitas, tujuan utamanya agar tidak muncul angka kemiskinan yang tinggi. Paling tidak dengan pemberdayaan dan pelatihan, bisa menekan angka kemiskinan. Termasuk peningkatan keahlian pelaku ekonomi rumah tangga,” ungkapnya di Hotel Royal Victoria, Jalan AW Syahranie, Sangatta Utara, Senin (21/11/2022).

Selain berupaya menekan angka kemiskinan, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk peningkatan pendapatan rumah tangga. Setelah mengikuti pelatihan ini keahlian dan keterampilan para peserta diharapkan semakin terbentuk. Sehingga masyarakat bisa memiliki bekal yang dapat dimanfaatkan untuk membuka lapangan pekerjaan atau usaha sendiri. Pelatihan bukan hanya mengasah keterampilan untuk peningkatan kualitas produksi, tetapi juga bagaimana pengelolaan administrasi bisnis dan keuangan berjalan dengan baik.

Sejalan dengan program bantuan Rp 50 juta per RT yang menjadi kebijakan kepala daerah di Kutim, Yuriansyah menjelaskan bahwa bantuan program tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi peningkatan kapasitas warga setempat.

“(Contoh) Kegiatan yang dilakukan di Hotel Royal Victoria ini adalah bagian dari program Rp 50 juta per RT. Rp 40 juta untuk fisik dan Rp 10 juta bagi peningkatan kapasitas SDM,”ujar Yuriansyah. (kopi4/kopi3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here