Beranda Kutai Timur Pemkab Kutim Siap Dukung Program TMMD 2023

Pemkab Kutim Siap Dukung Program TMMD 2023

18 views
0

Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Seskab Kutim Tejo Yuwono saat ikuti Rapurna TMMD ke-43 Tahun 2022. Foto : Nasruddin/Pro Kutim.

SANGATTA – Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Seskab Kutim Tejo Yuwono mewakili Bupati Kutim menghadiri Rapat Paripurna (Rapurna) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-43 Tahun 2022 bersama Dandim 0909/Kutai Timur Letkol Czi Heru Aprianto dan jajaran. Kegiatan digelar secara virtual berlangsung di Aula R Yudha Kodim 0909/Kutim, Rabu (24/11/2022).

Dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, Rapat Paripurna TMMD ke-43 Tahun 2022 dibuka secara virtual oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Mayjen TNI Agus Subiyanto di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta.

Ditemui setelah Rapurna, Tejo Yuwono mengatakan bahwa Pemkab Kutim akan selalu mendukung penuh program TMMD dari TNI yang sangat membantu masyarakat.

Ia menambahkan bahwa TMMD bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Hal itu bisa dilihat dalam pelaksanaannya ada di desa-desa tertinggal. Dimana yang dibutuhkan masyarakat tertinggal adalah pembukaan akses jalan, infrastruktur dan pelayanan sosial. Untuk mencapai itu perlu sinergi antara sektoral baik TNI, pemerintah maupun masyarakat.

“Untuk tahun 2023 TMMD di Kutim rencananya akan dilaksanakan di Desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng . Pelaksanaannya ada fisik dan non fisik. Kalau fisik contohnya pembukaan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan drainase sedangkan non fisiknya ada penyuluhan tentang bela negara, stanting, kesehatan keluarga dan keluarga berencana,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0909/Kutim Letkol Czi Heru Aprianto mengatakan bahwa Rapurna TMMD ke-43 Tahun 2022 dilaksanakan untuk mengevaluasi kegiatan TMMD yang dilaksanakan tahun 2022, sekaligus dibahas rencana kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan tahun 2023.

“Kodim 0909/Kutim dapat giliran tahun 2023. Adapun sasarannya ada fisik dan non fisik. Kalau fisik sudah jelas berkaitan dengan fasilitas sosial yang bisa dinikmati masyarakat dan non fisiknya cenderung ke pembinaan mental kemudian peningkatan semangat nasionalisme sehingga masyarakat memiliki kesadaran untuk bersama-sama menjaga NKRI,” jelasnya.

Terakhir, ia berharap dengan adanya TMMD benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat. (kopi14/kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here