Beranda Kutai Timur Dekranasda Kutim Dukung Kerajinan Lokal – Kembangkan Motif Batik, Serat Alam dan...

Dekranasda Kutim Dukung Kerajinan Lokal – Kembangkan Motif Batik, Serat Alam dan Olahan Kayu

147 views
0

Wakil Ketua Harian Dekranasda Kutai Timur (Kutim) Nurul Karim bersama Ketua Harian Dekranasda Kutim Basuki Isnawan mewakili perajin Kutim menerima penghargaan Dekranasda Kaltim Award 2022.(Foto: Wahyu Pro Kutim)

SAMARINDA – Wakil Ketua Harian Dekranasda Kutai Timur (Kutim) Nurul Karim mengatakan pihaknya tengah fokus pada kerajinan serat alam, motif batik dan olahan kayu. Hal itu disampaikan Nurul Karim mewakili Ketua Dekranasda Kutim Siti Robiah saat di wawancarai insan pers usai menghadiri penyerahan penghargaan Dekranasda Kaltim Awards di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kaltim, Selasa (6/12/2022) pagi.

“Fokusnya Dekranasda itu (di kerajinan) serat alam, motif batik dan olahan kayu. Jadi kita lebih fokus ke sana. Dan yang pasti lebih kreatif, kan perajin. Kita di sini sifatnya memfasilitasi para perajin,”kata Nurul saat didampingi Ketua Harian Dekranasda Kutim Basuki Isnawan.

Memfasilitasi dalam berbagai hal, lanjut ia menerangkan, dari sisi yang kurang bagi perajin mulai pemasaran, teknik membuat produk dan sebagainya. Selain itu, Nurul mengatakan Dekranasda Kutim telah melakukan pemetaan turun langsung ke kecamatan-kecamatan di Kutim. Untuk membina para perajin-perajin yang ada.

“Jadi kita petakan perajin-perajin di Kutim itu, kemudian kita fasilitasi apa saja kebutuhan mereka yakni membuat program seperti pelatihan-pelatihan,” jelasnya.

Terakhir, ia menambahkan segala program-program yang dibuat Dekranasda Kutim adalah berasal dari program Dekranasda pusat. Kemudian diterapkan juga di daerah.

“Semoga bisa melestarikan kerajinan yang sudah ada dan menciptakan kerajinan modern yang sesuai pasar,” tutupnya. (kopi7/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini