Beranda Kutai Timur Ardiansyah Bangga Capaian Muhammad Zainal – Peraih Pengharggaan Petani Milenial Inovatif dari...

Ardiansyah Bangga Capaian Muhammad Zainal – Peraih Pengharggaan Petani Milenial Inovatif dari Kementan RI

384 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat menerima audiensi Petani Milenial Inovatif Kutim Muhammad Zainal didampingi Kadistan Kutim Dyah Ratnaningrum dan jajaran di ruang kerja Bupati Kutim. (Fuji Pro Kutim)

SANGATTA – Keberhasilan Muhammad Zainal, putra asli Kutai Timur (Kutim) asal Kaliorang yang sukses menyabet penghargaan dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) di katagori petani milenial inovatif, di apresiasi tinggi oleh Bupati H Ardiansyah Sulaiman.

Saat bersua dengan penerima penghargaan di Ruang Kerjanya, Sekretariat Kabupaten, Senin (19/12/2022), Ardiansyah menyebut pencapaian Zainal hingga tingkat nasional sungguh sangat luar biasa. Tentunya prestasi dimaksud menjadi contoh untuk ditiru petani lainnya di Kutim.

“Prestasi nasional dicapai berkat karya mengelola pupuk organik. Sangat inovatif dan perlu terus dikembangkan dan didukung Pemkab Kutim melalui Dinas Pertanian,” kata Ardiansyah.

Prestasi yang dicapai Zainal kali ini tentunya menjadi kebanggaan Kabupaten Kutim secara umum. Khususnya para petani Kutim yang saat ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Apalagi Zainal menjadi satu-satunya perwakilan Kaltim yang mendapat penghargaan nasional tersebut.

Saat bertemu dengan Bupati Muhammad Zainal didamping Kadistan Kutim Dyah Ratnaningrum dan beberapa stafnya. Kepada Bupati Kadistan menjelaskan bahwa selama ini Zainal memang eksis mengembangkan produk pertanian inovatif. Salah satunya pengelolaan pupuk organik yang sudah dimanfaatkan petani setempat. Berikutnya Distan akan terus memberikan dukungan untuk inovasi-inovasi pertanian lainnya.

“Melalui pendampingan dan membuka peluang pasarnya,” kata Dyah.

Sementara itu Muhammad Zainal sedikit menceritakan tentang pengalamannya saat menerima penghargaan. Dia mengaku bahagian dan mengucap syukur dapat meraih penghargaan yang diserahkan langsung oleh Mentan Syahrul Yassin Limpo. Waktu itu penyematan penghargaan berlangsung di Aula Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di Bogor, Kamis (15/12/2022) lalu.

“Allhamdulilah, kami sudah bisa mengelola pupuk organik padat, cair dan agensi hayati. Jadi semua yang ada di alam itu kita manfaatkan untuk membuat pupuk. Supaya mengantikan pupuk kimia yang saat ini selalu dipakai petani holtikoltura,” terang Zainal yang juga menjelaskan bahwa dia saat ini sedang mengembangkan produk inovatif pertanian lainnya.

Diakhir pertemuan, Bupati berharap agar Zainal yang merupakan alumni Agroteknologi di STIPER Kutim terus semangat menelurkan inovasi yang bisa berkontribusi pada kemajuan pertanian di Kabupaten Kutim. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini