Beranda Kutai Timur Forkopimda Kutim Gelar Rakor, Bahas Pengamanan Tahun Baru Hingga Penanganan Jalan Ranpul...

Forkopimda Kutim Gelar Rakor, Bahas Pengamanan Tahun Baru Hingga Penanganan Jalan Ranpul Bengalon

112 views
0

Suasana Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang dihelat di Ruang Kerja Bupati Kutim.Foto: Wahyu Pro Kutim

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) kembali menggelar Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang dihelat di Ruang Kerja Bupati Kutim, Kamis (29/12/2022). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman yang dihadiri Wakil Ketua II DPRD Arfan, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Asisten Pemkesra Poniso Suryo Renggono, Kasatpol PP Didi Herdiansyah, Kadisperindag Zaini, dan perwakilan FKPD serta OPD terkait.

Ditemui usai rapat, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan dalam rakor membahas beberapa poin penting. Pertama pengamanan kondisi sekarang di Kutim terkait natal dan tahun baru (Nataru). Seperti di taman-taman Bukit Pelangi yang menjadi kunjungan warga Kota Sangatta maupun luar Sangatta.

“Itu yang perlu kita beri pengamanan ekstra, agar masyarakat merasa aman dan nyaman untuk beristirahat,” ucapnya.

Jadi, salah satu upaya pemerintah terkait pengamanan itu dengan mengeluarkan imbauan aturan jam malam. Untuk jam hari-hari biasa hanya sampai pukul 22.00 Wita saja di dalam aturan tersebut dan jadi harus pulang tak ada alasan apapun untuk berdiam di lokasi. Sementara di malam pergantian tahun dalam rapat menyepakati cukup sampai pukul 01.00 Wita.

“Di sisi lain, tak ada acara khusus di malam tahun baru ini. Baik dari pemerintah maupun masyarakat. Jadi bagi masyarakat yang sekadar ingin refreshing dipersilakan, tapi harus menaati aturan yang sudah kita sepakati,” terangnya.

Adapula membahas persoalan BBM, namun ia menyerahkan ke Disperindag untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi. Apalagi DPRD Kutim mendukung hal tersebut, dimulai dengan hearing bersama stakeholder termasuk Pertamina.

“Kita tunggu, semoga saja ada solusi,” harapnya.

Berikutnya terkait dengan Jalan Poros Sangatta sampai Simpang Perdau Bengalon yang merupakan jalan APBN. Ia menjelaskan karena ada keinginan PT KPC dan sudah mendapatkan restu dari menteri, jadi jalan tersebut bakal digunakan sebagai kegiatan pertambangan nantinya. Padahal dari balai pekerjaan umum sudah siap memperbaiki jalan tersebut tetapi dipindahkan ke lokasi lainnya. Sementara jalan itu masih menjadi akses masyarakat dan rusaknya masih cukup parah.

“Kita harapkan PT KPC memperbaiki jalan itu,” tegasnya.

Ia menambahkan jalan Rantau Pulung pun tak luput jadi sorotan dalam rapat. Dikatakan Ardiansyah, ia telah mengintruksikan Dinas PU dan pihak terkait termasuk PT KPC untuk memuluskan jalan itu. Padahal sebelumnya sudah disepakti jalan Sangatta-Rantau Pulung adalah tanggung jawab PT KPC dibantu koordinasi oleh Dinas PU Kutim.

“Untuk Sembako di akhir tahun ini sudah clear, operasi pasar sudah berjalan baik, pekan ini sudah selesai. Harga-harga masih stabil,” pungkasnya. (kopi7/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini