Beranda Infrastruktur Pemkab Kutim Siapkan Rp 2 Miliar, Perbaiki 100 Rumah Rusak Akibat Banjir

Pemkab Kutim Siapkan Rp 2 Miliar, Perbaiki 100 Rumah Rusak Akibat Banjir

391 views
0

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman H. Ahmad Iip Makruf ( tengah) didampingi Sekretaris H Yuliansyah, ( kanan) dan H Novian Pranata Kepala Bidang Prasarana Sarana Utilitas Umum (kiri). (Adi Sagaria/Pro Kutim)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu. Hal tersebut diungkatkan oleh Kadis Perkim H Ahmad Iip Makruf, kembali menegaskan kembali pada Rabu (1/2/2023).

“Kita sudah siapkan dana Rp 2 miliar untuk perbaiki rumah yang rusak akibat musibah banjir 2022,” kata Ahmad Iip Makruf saat memberikan keterangan kepada wartawan, didampingi Sekretaris H Yuliansyah, Kepala Bidang Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU) H Novian Pranata.

Ia menjelaskan anggaran Rp 2 miliar yang dialokasikan bersumber dari APBD Murni Kabupaten Kutim Tahun 2023. Rencananya ada 100 unit rumah yang akan diperbaiki dari anggaran miliaran tersebut. Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik 100 unit rumah perlu diperbaki akibat banjir tersebut. Syarat dan penilaian layak atau tidaknya ratusan rumah tersebut mendapat perbaikan ditentukan oleh tim.

“Nanti ada tim dibentuk untuk menentukan rumah mana yang benar-benar layak untuk diperbaiki akibat banjir,” jelasnya.

Tim yang akan dibentuk itu nantinya masing-masing berasal dari Dinas Perkim dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dari Pemerintah Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, Pemerintah Desa hingga Ketua RT.

Kenapa Sangatta Utara dan Sangatta Selatan? Karena warga di dua wilayah itulah yang dinilai paling parah menerima dampak kerusakan rumah akibat banjir.

“Jadi tim ini akan memberikan rekomendasi rumah siapa yang benar-benar pantas untuk diperbaiki. Karena perbaikan tidak satu rumah. Perbaikan tergantung kerusakannya,” Ujar Iip, sapaan akrab Kadis Perkim. (kopi8/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini