Beranda Kutai Timur Rakernas APPSI Utamakan Kestabilan Pangan dan Dorong Belanja Masyarakat

Rakernas APPSI Utamakan Kestabilan Pangan dan Dorong Belanja Masyarakat

126 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat mengikuti Rakernas APPSI yang dihadiri Presiden RI Jokowi. Foto: Basuki Isnawan Pro Kutim

BALIKPAPAN – Di tengah kesibukannya dalam menjalankan program kerja Pemkab Kutim, Bupati Ardiansyah Sulaiman didampingi Kabag Prokom Setkab Kutim Basuki Isnawan menghadiri undangan Sekretariat Kabinet RI bekerja sama dengan Pemprov Kaltim dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023 di Ballroom Novotel, Kamis (23/2/2023).

Kegiatan Rakernas dibuka langsung oleh Presiden RI Jokowi disaksikan Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Gubernur Kaltim sekaligus Ketua Umum APPSI Isran Noor hingga gubernur, bupati hingga wali kota se-Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Ardiansyah mengungkapkan sesuai arahan Presiden RI Jokowi meminta kepala daerah fokus bagaimana menjaga stabilitas suplai dan harga pangan bahan pokok terutama beras.

“Tidak boleh kosong pasokannya dan utamakan bagaimana jaga kestabilan harganya. Kemudian bagaimana strategi menggenjot produksi beras di wilayah masing-masing daerah,” urainya.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni dalam pemerintahan daerah harus intens saling berkoordinasi dengan OPD terkait dalam memenuhi kebutuhan pangan terutama komoditas andalan masing-masing.

“Untuk itu daerah perlu mengantisipasinya bagaimana tidak terjadi kenaikan harga pangan terhadap inflasi. Contohnya saja inflasi pada bulan lalu hampir 50 persen dipengaruhi oleh kenaikan beras,” jelasnya.

Kemudian, Presiden juga tidak lupa mengarahkan jika seiring dengan pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir tahun 2022 lalu, mengharapkan konsumsi masyarakat semakin meningkat sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Jadi kewajiban para kepala daerah adalah bagaimana menjaga agar konsumsi rumah tangga itu terjaga dan meningkat,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim sekaligus Ketua Umum APPSI Isran Noor menyampaikan bahwa Rakernas APPSI yang bertema “Menyongsong Pemerintahan Baru Pasca Pilpres Tahun 2024” bertujuan untuk merumuskan hal yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan provinsi di seluruh Indonesia.

“Rakernas APPSI kali ini akan banyak membahas terkait dengan persoalan-persoalan kerja sama, persoalan-persoalan tugas dalam hal pembangunan di seluruh provinsi di seluruh Indonesia, termasuk tanggung jawab dan tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dan juga sebagai kepala daerah,” singkatnya.(kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini