Beranda Kutai Timur Pemkab dan DPRD Kutim Sepakati Usulan Musrenbangcam Kaliorang di 2024

Pemkab dan DPRD Kutim Sepakati Usulan Musrenbangcam Kaliorang di 2024

281 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman memberikan sambutan pada Musrenbangcam Tahun 2023 di Kaliorang. Foto: Adi Sagaria Pro Kutim

KALIORANG – Bupati Kutim menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrembancam) Tahun 2023 berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Kaliorang, Jumat (24/2/2023). Sebelumnya, Ardiansyah membuka Musrenbangcam Sangkulirang dan Sandaran.

Kedatangan Ardiansyah turut didampingi Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah, Ketua DPRD Kutim Joni hingga Wakil Ketua II DPRD Arfan dan langsung disambut oleh Camat Kaliorang Rusmono dan Kasi Pemerintahan Umum Darius Banga dilanjutkan pengalungan bunga dan selendang khas NTT dan sambutan tarian selamat datang oleh siswi SMPN 4 Kaliorang.

Bupati pun langsung memasuki tempat acara, tanpa berlama-lama. Acara segera dimulai dengan pembacaan doa dan laporan Camat Kaliorang Rusmono tentang usulan-usulan masing-masing desa.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah mengakui agenda kabupaten yang begitu banyak dan padat, sehingga terkadang acara bisa molor hingga beberapa waktu.

Merespon apa yang disampaikan Camat Kaliorang, Bupati Ardiansyah menyebutkan apa yang disampaikan ke Camat Kaliorang sudah masuk prioritas pada tahun 2024.

“Alhamdulillah semoga usulan program yang telah disampaikan saudara Camat tadi, tidak ada yang tertinggal. Saya sudah menyampaikan kepada Kepala Bappeda, BPKAD, Bapenda apabila dana kita cukup di tahun 2024, maka yang prioritas itu semuanya akan kita laksanakan,” tegasnya.

Apalagi kata dia, bahwa tahun anggaran 2023 ini Kutim akan menggunakan dana APBD sebesar Rp 5,9 triliun. Banyak angka yang akan masuk ditambah lagi adanya dana silpa, jadi kemungkinan pada APBD nanti di angka Rp 6,5 triliun bahkan bisa sampai angka Rp 7 triliun.

“Saya hanya ingin mengingatkan khususnya dalam APBD Perubahan terutama yang mengerjakan agenda di bidang infrastruktur. Jalan harus diingatkan agar semangat mengerjakannya,” urainya.

Sebelumnya, Camat Kaliorang Rusnomo memaparkan kalau Musrenbangcam kali ini merupakan tindak lanjut dari pra Musrenbang bulan lalu.

Dalam laporannya Camat Kaliorang Rusnomo menyampaikan sebanyak 143 usulan yang sudah masuk Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

“Mudah-mudahan nantinya akan diakomodir di Kecamatan Kaliorang khususnya untuk 7 desa,” jelasnya.

Sementara itu di lokasi Musrenbangcam, Ketua DPRD Kutim Joni mengutarakan apa yang pemerintah program dan masyarakat usulkan bagi pihaknya tentu akan disupport penuh. Menurutnya, DPRD Kutim dalam hal ini sepakat dengan Pak Bupati bahwa usulan semua desa di Kaliorang ini akan disetujui untuk dilaksanakan tahun 2024 mendatang.

“Kami tadi dengan Pak Bupati sepakat saja untuk mengakomodir semua usulan desa di Kaliorang direalisasikan tahun 2024,” singkatnya.

Dalam Musrenbangcam ini turut hadir Asisten Pemkesra Poniso Suryo Renggono, Kabag Prokopim Setkab Kutim Basuki Isnawan Hadir, Kadis Perhubungan Joko Suripto, Kadis Ketahanan Pangan Holtikultura dan Peternakan Dyah Ratnaningrum, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Muhammad Muhir, Kadis Komunikasi Informartika Persandian dan Statistik Ery Muliyadi, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Mulyono, Dirut Perumdam PDAM Suparjan, Kepala Bappeda Noviari Noor dan sejumlah pejabat di lingkungan OPD Pemkab Kutim.(kopi8/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini