Beranda Kutai Timur Masuk Kalender Nasional KEN, Dispar Kutim Rencana Hadirkan Menparekraf di Lomplai

Masuk Kalender Nasional KEN, Dispar Kutim Rencana Hadirkan Menparekraf di Lomplai

76 views
0

Wabup Kutim Kasmidi Bulang didampingi Kepala Dispar Kutim Nurullah saat diwawancarai sejumlah awak media. Foto: Yuni/Pro Kutim

SANGATTA – Ada kabar gembira jika perhelatan budaya tahunan di Desa Nehas Liah Bing di Kecamatan Muara Wahau yakni Lomplai masuk dalam kalender nasional yakni Kharisma Event Nusantara (KEN) yang digagas oleh Kemenparekraf RI. Hal ini disampaikan langsung oleh Wabup Kutim Kasmidi Bulang disela-sela membuka kegiatan Bimtek Dispar Kutim di Pelangi Room Hotel Royal Victoria, Selasa (28/2/2023).

“Kebetulan karya disertasi dalam program S3 Doktor saya mengangkat tema Lomplai. Bangga sekali kita. Lomplai masuk dalam agenda KEN,” tegasnya.

Selanjutnya, kegiatan Lomplai ini sudah terjaga ribuan tahun yang lalu dan itu ada di Kutim.

“Alhamdulillah kita punya Lomplai mewakili Kutim. Itu aset kebanggaan kita yang harus dipromosikan dan dilestarikan,” bebernya.

Ia menambahkan direncanakan pada 2 Mei 2023 nanti, pemerintah akan mengundang Menparekraf RI Sandiaga Uno untuk menghadiri Lomplai.

“Mungkin agenda tripnya nanti bisa ke Pulau miang selanjutnya menuju perhelatan Lomplai atau dibalik bisa dari Lomplai ke pulau Miang. Jadi bisa melihat suasana yang berbeda,” ulasnya.

Berikutnya, ia pun meminta kepada seluruh pelaku usaha untuk sama-sama bersinergi untuk menyukseskan kegiatan ini ke depan.

“Begitu juga pelaku usaha-usaha yang lain di kecamatan yang lain untuk bisa bersinergi dengan kegiatan Lomplai. Pokoknya kita sukseskan kegiatan Lomplai karena masuk agenda nasional,” ujarnya.

Kasmidi pun berharap semuanya bisa membantu dengan mengemas kegiatan Lomplai ini biar tambah menarik dan semarak.

“Kalau kita kemas bagus kegiatan Lomplai akan membanggakan Kutim,” tutupnya.(kopi9/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini