Beranda Kutai Timur Dukung Kemajuan Desa Senyiur, PT SSS Bermitra Dengan KPRS

Dukung Kemajuan Desa Senyiur, PT SSS Bermitra Dengan KPRS

272 views
0

Perwakilan manajemen PT SSS saat menjelaskan laporan kebun plasma. Foto: Yuni Pro Kutim

MUARA ANCALONG – PT Sawit Sukses Sejahtera (SSS) turut hadir dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Perkebunan Rukmana Sari (KPRS) Tahun 2022 yang digelar di area depan Kantor Desa Senyiur Kecamatan Muara Ancalong, Selasa (14/3/2023).

Dalam kesempatan itu, perwakilan dari manajemen PT SSS yakni Samir mengatakan jika pihaknya sudah hampir dua tahun bekerja sama dengan masyarakat Desa Senyiur dalam pengelolaan perkebunan sawit.

“Saat ini kami tengah mengelola sawit sebesar 1.963 hektare. Itu semua berkat kerja sama dengan KPRS, pemerintah desa hingga masyarakat Desa Senyiur yang termasuk dalam anggota koperasi,” jelasnya disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Kepala Diskop UKM Kutim Darsafani, Camat Muara Ancalong Muhammad Harun Al Rasyid, Kepala Desa Senyiur, Anggota KPRS dan warga setempat.

Selanjutnya, dikatakan Samir jika pihaknya juga selama dua tahun dalam pengelolaan sawit selalu menaati peraturan dengan selalu membersihkan lahan produksi sawit dan terbukti hasilnya bisa mencapai ton hektare.

“Tahun 2021 terbukti Desa Rukmana Sari menghasilkan 6,5 ton hektare. Kemudian Per Desember 2022 naik dari 8 ton hektare menjadi 13,8 ton hektare. Kalau melihat umurnya seharusnya menghasilkan 20 ton hektare. Ini tantangan kami ke depan mengelolanya,” ucapnya.

Kemudian untuk pembayaran hasil kebun plasma yang diterima KPRS tahun 2022 untuk kuartal pertama sebesar Rp 2,2 miliar per 3 bulan, kuartal kedua sebesar Rp 3,1 miliar per 3 bulan, kuartal ketiga berpindah dari Bank BRI ke Mandiri sebesar Rp 4 miliar per 3 bulan dan kuartal keempat sebesar Rp 4,9 miliar per 3 bulan.

“Hasilnya uangnya itu kita bagikan atau kita kembalikan lagi ke masyarakat. Ke depan, kami perlu dukungan mengembangkan tanaman sawit plasma inti,” ucapnya.

Ia pun berterima kasih atas support masyarakat Desa Senyiur, KPRS, pemerintahan desa hingga kecamatan.

“Sehingga kami bisa melakukan pemeliharaan perkebunan. Hingga sekarang, PT SSS terus memelihara dengan baik plasma kebun inti. Makanya kami konsen dengan plasma. Kalau plasmanya aman, maka akan aman dari investasi,” tutupnya. (kopi9/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini