Beranda Keagamaan Sambut Ramadan, 3.000 Jamaah Muhammadiyah Padati Tarhib di Masjid Agung

Sambut Ramadan, 3.000 Jamaah Muhammadiyah Padati Tarhib di Masjid Agung

234 views
0

Jamaah Muhammadiyah Sangatta gelar Tarhib di Masjid Agung Al Faruq.Foto: istimewa

SANGATTA – Sekitar 3.000 jamaah Muhammadiyah melakukan aksi Tarhib Ramadan di Masjid Agung Al Faruq, Sabtu (19/3/2023) kemarin. Aksi tersebut pun disambut baik dan dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Saat sambutannya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengajak seluruh umat Islam khususnya warga Kutim mempersiapkan diri menyambut Ramadan.

“Mengisinya dengan Qiyamu Ramadan, agar tidak hanya dengan menjalankan puasa namun juga mengisi dengan amalan-amalan yang dapat meningkatkan keutamaan di bulan Ramadan,” kata Ardiansyah.

Seperti, sambung ia, meningkatkan daya baca Al-Qur’an (tadarus) dan qiyamul lail. Kemudian ada sedekah seperti menyediakan ifthar bagi jamaah yang berbuka puasa, itikaf di malam-malam ramadan terutama di 10 hari terakhir ramadan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ustadz Jamhari melaporkan Tarhib Ramadan yang digelar hari ini dihadiri dari berbagai elemen kader, warga dan simpatisan. Mulai dari pimpinan, unsur majelis-lembaga, Forum Guru Muhammadiyah dan Forum Guru Muhammadiyah (FGM), Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA), Ortom seperti Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Ikatan pelajar Muhammadiyah (IPM). Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Nasyiyatul Aisyiyah (NA), Tapak Suci Putera Muhammadiyah dan Hizbul Wathan.

” Jumlah di pertengahan acara mencapai 3.000 orang, karena jamaah terus berdatangan hingga ke selasar Masjid Agung Al-Faruq,” terangnya.

Senada, dalam tausiyahnya yaitu Ketua PD Muhammadiyah Kutim KH Suyuti menekankan bahwa ramadan harus disambut dengan ilmu karena setiap mumin melekat kewajiban individu (fardhu ain). Kewajiban ibadah akan sampai kepada setiap mu’min yang memenuhi kriteria atas kewajiban.

“Salah satunya adalah ramadan yang di dalamnya ada kewajiban puasa. Maka dari itu, harap pula ada amal-amal lainnya agar ibadah mendapatkan pahalanya akan berlipat ganda, termasuk pintu ampunan yang terbuka karena do’a-do’a yang benyak diijabah,” jelasnya

Lebih jauh Ardiansyah menegaskan karena hanya dengan ilmu, ramadan akan sampai kepada setiap muin dengan penuh makna, manfaat dan mengantarkan pribadi mu’min menjadi pribadi yang bertaqwa.(*/kopi7/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini