Beranda Kutai Timur 34 Pelaku UMKM Terima Bantuan Alat, Perekonomian Harus Meningkat

34 Pelaku UMKM Terima Bantuan Alat, Perekonomian Harus Meningkat

378 views
1

Bupati Ardiansyah saat menyerahkan bantuan peralatan untuk pelaku UMKM di Kutim. Foto: Hasyim dan Nasruddin/Pro Kutim

SANGATTA  – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menyerahkan bantuan peralatan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kutim yang bersumber dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Jum’at (31/3/2023) pagi.


Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perindagkop Kaltim yang telah menyalurkan bantuan peralatan untuk para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kutim.

“Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan berharap bisa meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga dan ekonomi kerakyatan,” ucapnya dihadapan Kepala Disperindagkop Kaltim Muhammad Sa’duddin, Ketua DPRD Kutim H Joni, Perwakilan Forkopimda, kepala OPD dan para penerima bantuan peralatan UMKM.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa di Kabupaten Kutim saat ini sedang berjalan road show Bazaar UMKM di 18 kecamatan dan akan berakhir pada bulan Oktober 2023. Ini dilakukan dalam rangka membangkitkan ekonomi masyarakat setelah selama ini disulitkan oleh pandemi.

Ia juga menyampaikan bahwa selama empat tahun ini, Kutim telah mengekspor produk dari UMKM yakni pisang gepok dari kelompok tani di tiga kecamatan yaitu Kaubun, Kaliorang dan Sangkulirang.

“Kita juga sudah mengekspor lidi sawit, keripik pisang dan juga amplang. Dan dalam waktu dekat ini ada nanas dan ikan asin khas sungai yang semuanya merupakan produk UMKM,” jelasnya.

Terakhir, ia kembali menyampaikan program bantuan dana sebesar Rp 50 juta per RT yang difokuskan untuk peningkatan ekonomi warga dengan rincian 20 persen atau Rp 10 juta diarahkan bagi pengembangan sumber daya manusia (non fisik) dan 80 persen atau Rp 40 juta untuk fisik.

Sebelumnya, Kepala Disperindagkop Kaltim Muhammad Sa’duddin mengatakan bahwa peralatan yang diserahkan merupakan hadiah dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) melalui dana insentif daerah yang diberikan kepada Provinsi Kaltim karena dianggap sudah berhasil mengendalikan inflasi.

“Hadiah kami terima dan kami teruskan juga kepada yang lebih berhak menerima yaitu kepada UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 dan kenaikan harga BBM. Mudah2an ini berguna bagi UMKM yang ada di kutim,” ucapnya

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa jumlah UMKM penerima bantuan alat se-Kaltim sebanyak 602 orang dengan jumlah barang sebanyak 3.838 unit. Sementara untuk Kabupaten Kutim 34 UMKM dengan jumlah alat 321 unit.  

“Jenis bantuan yang diserahkan berupa peralatan masak, pembuat kue/bakery, pengolahan hasil perikanan dan pendingin. Dengan adanya bantuan ini, kami harapkan terjadi peningkatan produksi, pengembangan usaha dan menambah tenaga kerja,” harapnya.

Terakhir, ia berpesan kepada UMKM penerima bantuan peralatan agar alat yang diterima tidak diperjualbelikan atau dipindah tangankan kepada orang lain. Melaporkan penggunaan alat tersebut kepada Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim atau Dinas Koperasi dan UMKM Kutim. Siap menunjukkan barang tersebut apabila ada pemeriksaan dari BPK.

“Kami akan evaluasi selama tiga bulan dan apabila tidak dimanfaatkan maka peralatan tersebut kami tarik kembali dan kami alihkan kepada UMKM yang lain,” pesannya. (kopi14/kopi13/kopi3)

1 KOMENTAR

  1. Nama saya Bu prihatin. Nama usaha BATARI jaya.
    Alamat di jl h abdullah. Sangatta utara.
    Mohon ijin bertanya pak.
    Apakah ada tahap ke 2 untuk bantuan alat untuk UKM Kutim pak. Saya pelaku usaha bandeng presto dan amplang, mau juga dapat bantuan alat agar produksi kami lebih meningkat karena alat yg kami pergunakan masih manual jadi Klo ada pesanan lambat sekali menyelesaikannya. Trimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here