Beranda Entertainment Bazaar Promosi UMKM Bengalon Berakhir – Bupati Apresiasi, Pedagang Untung Rp1 Juta...

Bazaar Promosi UMKM Bengalon Berakhir – Bupati Apresiasi, Pedagang Untung Rp1 Juta Per Hari

125 views
0

Momen Bupati Ardiansyah Sulaiman saat menghadiri penutupan Bazaar Promosi UMKM di Bengalon. Foto: Basuki Isnawan Pro Kutim

BENGALON- Bazaar Promosi UMKM kedua yang dihelat sejak Rabu (29/3/2023) lalu resmi berakhir pada Minggu (2/4/2023) sore. Setelah dibuka oleh Bupati, penutupan juga dilakukan oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman. 

Hadir sejumlah pejabat pada kegiatan dimaksud. Seperti Kadis Koperasi UMKM Darsafani, Kepala Bappeda Noviari Noor, Kepala DPM-PTSP Teguh Budi Santoso, Kadis PUPR Muhammad Muhir, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Dyah Ratnaningrum. Kemudian juga hadir Kadis LH Armin, Kadisdukcapil Jumeah, Kadishub Joko Suripto, Kadis Pertanahan Simon Salombe, Kadis Pariwisata Nurullah, Kadis Perikanan Suriansyah serta Staf Ahli Bupati Kutim Sulastin. Termasuk perwakilan Forkopimda dan Anggota DPRD Kutim Abdi Firdaus dan Masdari Kidang serta aparatur Pemerintah Kecamatan Bengalon dan undangan lainnya.

Saat baru tiba, orang nomor satu di Pemkab Pemkab Kutim tersebut disambut oleh ratusan warga dengan diiringi tabungan rebana. Sambil bersalawat bersama-sama. Melebur dengan lainnya, Bupati lantas ikut menabuh rebana dengan meminjam milik salah seorang santri.

Saat menutup acara, Bupati langsung mengapreasiasi kegiatan dimaksud. Sebab dari lima hari pelaksanaan, masing-masing pelaku UMKM sukses meraup untung hingga jutaan rupiah.

“Dari informasi yang saya terima, masing-masing pelaku UMKM bisa untung sampai Rp 1 juta rupiah per hari. Hal itu tentu sangat menggembirakan,” kata Ardiansyah.

Artinya pelaksanaan Bazaar Promosi UMKM yang diprakarsai oleh Diskop-UMKM dapat menggerakan ekonomi kerakyatan. Tentunya kiat-kiat yang diupayakan oleh Pemkab Kutim guna meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan serta kemandirian bagi pelaku UMKM berjalan sesuai rencana. 

Pemkab Kutim, kata Ardiansyah, masih akan melanjutkan road show Bazaar Promosi UMKM ini di 16 titik selanjutnya, setelah Swarga Bara di Sangatta Utara dan Bengalon. Total ada 18 titik yang menjadi target panitia. 

Sebelumnya saat pembukaan, Ardiansyah menjelaskan, Bazaar UMKM ini dilaksanakan agar pelaku UMKM  mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya sekaligus ajang promosi ke konsumen. UMKM diminta harus optimis mampu menembus pasar ekspor. Dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, hingga mampu bersaing dengan produk sejenis dari daerah lain.

“Pemkab Kutim sangat mendukung kegiatan seperti ini. Mari seluruh pihak terkait bersama-sama mengupayakan peningkatan UMKM serta pemerataan ekonomi di pedesaan,” katanya di Halaman Kantor Camat Bengalon.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Darsafani menjelaskan bahwa Bazaar Promosi UMKM ini terlaksana bekerja sama dengan kecamatan serta beberapa pihak swasta. Untuk menggelar kegiatan ini di 18 simpul ekonomi di Kutim. Setelah di Bengalon akan ada kegiatan serupa di Pasar Induk Sangatta hingga jelang lebaran mendatang. Khusus di Bengalon, tiap pelaku UMKN rata-rata bisa meraup untung hingga Rp 1 juta per hari.

“Ini kesempatan dan peluang yang sangat besar bagi semua pelaku UMKM di Kutim,” sebutnya. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini