Beranda Keagamaan Pesantren Ramadan SD Se-Sangsel Perkuat Iman Pelajar

Pesantren Ramadan SD Se-Sangsel Perkuat Iman Pelajar

63 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat menghadiri kegiatan penutupan Pesantren Ramadan SD se-Sangsel di Masjid Agung Al-Faruq Bukit Pelangi. Foto: Basuki Isnawan/Pro Kutim

SANGATTA – Pesantren Ramadan Sekolah Dasar (SD) se-Sangatta Selatan (Sangsel) yang diinisiasi oleh panitia pelaksana (Panpel) Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Sangsel sukses digelar selama dua hari mulai Sabtu (1/4/2023) hingga Minggu (2/4/2023) kemarin. Kegiatan keagamaan itu resmi ditutup secara simbolis oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di area indoor Masjid Agung Al-Faruq, Komplek Islamic Center, Bukit Pelangi.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman pun mengapresiasi positif gelaran Pesantren Ramadan SD se-Sangsel ini. Menurutnya dengan mengambil tema “Perkuat Iman di Bulan Ramadan sebagai Bekal Menuju Pemuda yang Mandiri”, kegiatan ini tentunya memiliki makna tersendiri khususnya untuk anak-anak di Kutim.

“Kegiatan ini sangat baik buat anak-anak kita, terutama di kalangan pelajar SD untuk lebih dekat dengan materi PAI. Ini momentum tepat apalagi digelar di Bulan Suci Ramadan yang merupakan bulan penuh hikmah dan bulan penuh pengampunan. Oleh karena itu, kegiatan ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, salah satunya melalui pesantren kilat di Bulan Ramadan yang dilaksanakan KKG PAI Sangsel,” urai Ardiansyah.

Selanjutnya, ditambahkan Ardiansyah, memang pesantren ramadan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Kutim untuk mendidik para pelajar menjalankan ajaran agama. Jadi memang tujuan utamanya sebagai kegiatan pesantren kilat dalam suatu lembaga pendidikan agar para siswa bisa menerapkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan pesantren kilat diharapkan bisa membentuk mental spiritual, religius, tangguh dalam menghadapi setiap tantangan negatif, baik itu yang hadir dari dalam diri sendiri maupun dari luar.

“Hasil dari adanya kegiatan pesantren kilat pada suatu lembaga pendidikan adalah agar kehidupan para siswa bisa lebih tertata menjadi lebih baik lagi. Lalu, yang paling penting dari adanya kegiatan pesantren kilat dalam suatu lembaga pendidikan adalah agar para siswa bisa memperdalam ajaran agama Islam serta bisa menerima dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Senada, Ketua Panpel KKG PAI Sangsel Hastuti menuturkan jika kegiatan Pesantren Ramadan SD se-Sangsel ini bertujuan untuk kembali mereviu materi PAI yang sudah pernah diberikan oleh sekolah. Pesantren kali ini lebih kepada kegiatan di Bulan Ramadan, agar anak- anak ini bisa memahami arti puasa yang baik dan benar dalam menjalankan ibadah.

‚ÄúSelama dua hari gelaran kegiatan ini agar anak-anak murid kita bisa menjalankan ibadah puasa dan menjalankan kegiatan Ramadan di dalamnya dengan baik dan benar yang sesuai tuntunan Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ada pun materi yang diajarkan dalam kegiatan ini mulai dari membaca Al-Qu’ran, praktik wudu, salat, tayamum, azan, menghafal surat pendek, membaca ayat-ayat pilihan, doa, mendengarkan ceramah serta berdiskusi tentang keislaman,” singkatnya. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here