Beranda Kutai Timur Salurkan 3.800 Paket Sembako Ramadan, KPC Diapresiasi Bupati Kutim

Salurkan 3.800 Paket Sembako Ramadan, KPC Diapresiasi Bupati Kutim

99 views
0

GM ESD Wawan Setiawan saat penyerahan secara simbolis paket sembako kepada Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dari GM ESD KPC Wawan Setiawan. Foto: Wahyu/Pro Kutim

SANGATTA – Momentum Bulan Suci Ramadan 1444 H, dimanfaatkan oleh PT Kaltim Prima Coal (KPC) untuk berbagi rezeki kepada warga sekitar perusahaan. Rezeki yang dibagikan berupa 3.800 paket sembako.

Paket ramadan tersebut diberikan kepada sejumlah panti asuhan, lansia, petugas kebersihan kota, tenaga honorer kependidikan, tenaga honorer bidang kesehatan, UPT Pasar, UPT Pertamanan dan Pemakaman, Baznas Kutim, sejumlah pondok pesantren dan warga non produktif di wilayah Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Bengalon.

Acara serah terima secara simbolis dihadiri oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) KPC Wawan Setiawan, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim KH Masnip Sofyan dan perwakilan penerima paket Ramadan, Kamis (13/4/2023), di Ruang Baznas Lantai 2 Masjid Agung Al-Faruq.

Pada kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi KPC yang turut berbagi rezeki kepada warga yang berhak mendapatkan santunan pada bulan Ramadan ini.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada KPC atas santunan yang diberikan. Semoga perusahaan mendapatkan pahala dan penerima juga mendapatkan pahalanya,” kata Bupati.

Selain memberikan apresiasi terhadap santunan sembako, Bupati Ardiansyah meminta KPC agar menyosialisasikan pentingnya pembayaran zakat pribadi bagi karyawan. Menurut Bupati, pembayaran zakat pribadi ini bertujuan agar pendapatan atau harta yang dimiliki karyawan, bersih di mata Allah SWT.

“Kalau bantuan sembako inikan, dari perusahaan. Yang lebih penting juga perlu disosialisasikan zakat pribadi karyawan. Sesuai hukum Islam zakat wajib dibayarkan sebesar 2,5 persen dari harta yang dimiliki. Kalau mau gak repot, setiap mendapatkan gaji bisa langsung bayar zakat 2,5 persennya. Begitu sudah bayar, ya langsung bersih hartanya,” kata Ardiansyah.

Sebelumnya, GM ESD KPC Wawan Setiawan mengatakan, penyerahan bantuan sembako itu merupakan wujud kepedulian terhadap sesama untuk berbagi di bulan Ramadan ini.

”Total paket Ramadan yang kami alokasikan sebanyak 3.800 paket untuk wilayah Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Bengalon,” kata Wawan.

Pada momentum penyerahan secara simbolis paket sembako tersebut, Wawan memohon doa dan dukungan masyarakat, agar operasi KPC tetap aman dan lancar.

“Kami mohon doa dan dukungan bapak-ibu semuanya agar operasi kami (KPC, red) tetap berjalan dengan lancar. Insyaallah, kami juga mendoakan semoga bapak-ibu tetap sehat dan mendapatkan barokah dari Allah SWT,” kata Wawan.

Senada, Ketua Baznas Kutim KH Masnif Sofyan mengucapkan terima kasih kepada KPC karena dalam distribusi paket Ramadan ini melibatkan Baznas. Masnip mengharapkan, antara KPC dan Baznas perlu menjalin kolaborasi lebih luas, sebab program Baznas dan KPC memiliki banyak kesamaan.

“Program CSR KPC dan Baznas ini memiliki banyak kesamaan. Untuk itu kami mohon ada kerjasama lebih luas sehingga makin banyak lagi kelompok sasaran yang bisa dijangkau,” kata Masnif.

Usai acara simbolis, kelompok masyarakat penerima paket Ramadan langsung mendistribusikan paketnya kepada masing-masing penerima manfaat. Kegiatan ini akan berlangsung hingga minggu depan, termasuk untuk wilayah kecamatan yang jauh dari Kota Sangatta.(kopi7/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini