Beranda Kutai Timur Terus Kembangkan Produksi, Tanam Raya Poktan PKS Diapresiasi Ardiansyah

Terus Kembangkan Produksi, Tanam Raya Poktan PKS Diapresiasi Ardiansyah

99 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat melakukan penanaman bersama Poktan Pelangi Kutim Sejahtera. Foto: Yuni/Pro Kutim

SANGATTA – Kegiatan Tanam Raya Kelompok Tani (Poktan) Pelangi Kutim Sejahtera (PKS) di area lahan berdekatan dengan Gedung Graha Expo Sangatta, Selasa (13/6/2023), turut dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bersama Camat Sangatta Utara Hasdiah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Dyah Ratnanigrum dan Ketua Dekranasda Kutim Siti Robiah Ardiansyah.

Untuk diketahui poktan ini di bawah komando Pembina PKS Rizali Hadi dan ketua poktannya yakni Adbdul Rahman. Dalam kesempatan itu, Ketua Poktan Pelangi Kutim Sejahtera Abdul Rahman mengatakan lahan yang dikelola seluas 6 hektare.

“Tanaman yang ditanam terdiri dari semangka, pepaya, terong, bawang prei. Untuk Tanaman semangka luas lahan sekitar 2 hektare dengan 4 kali panen dalam setahun,” kata Abdul.

Ardiansyah menambahkan jika Poktan Pelangi Kutim Sejahtera terus bergerak untuk manfaatkan lahan secara maksimal.

“Kutim akan jadi wilayah yang bakal maju. Jalan sudah kita buat. Nanti akan kita bangun tempat wisata untuk getrtak ulin. Kita tinggal menunggu investor,” bebernya.

“Ini investasi luar biasa, apalagi ada tanaman hortikultura buah-buahan. Jadi lengkap semuanya. Untuk penangkaran buaya akan kita lakukan kajian apakah layak dibudidayakan. Nanti kita tempatkan di Bukit Pelangi,” tegas Ardiansyah

Ia berharap nantinya Kutim jadi objek wisata.

“Alur dari Bukit Pelangi. Mulai dari Bukit Pandang, Pusat Perkantoran semua jadi tempat peristirahatan orang untuk rileks, kemudian masuk lagi ke pantai dan kemudian nanti bisa stop di tempat buah-buahan. Di sana ada tanaman Semangka, Pepaya ada jeruk lengkap sudah. Mudahan nanti tahun depan atau 2 tahun lagi bisa terwujud,” terangnya.

Pada kesempatan itu, ia juga berharap petani bisa melegalkan kelompok taninya agar pemerintah bisa hadir di dalamnya.(kopi9/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini