Beranda Entertainment FSN II 2023 Ajang Promosi Pariwisata dan Peningkatan UMKM

FSN II 2023 Ajang Promosi Pariwisata dan Peningkatan UMKM

118 views
0

Bupati Ardiansyah dan Wabup Kasmidi Bulang saat hadiri pembukaan Festival Sekerat Nusantara II (FSN II) 2023. Foto : Hasyim/Pro Kutim.

BENGALON – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman secara resmi membuka Festival Sekerat Nusantara (FSN) II 2023. Kegiatan berlangsung di Pantai Sekerat, Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, Minggu (23/7/2023) malam.

Tampak hadir mendampingi bupati Ardiansyah yakni Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Plt Asisten Administrasi Umum Setkab Kutim Didi Herdiansyah, Staf Ahli Bupati Kutim Roma Malau, Kadisdikbud Kutim Mulyono, Kadis Pariwisata Kutim Nurullah, Plt Kadisperindag Kutim Andi Nurhadi Putra, Danramil, Camat Bengalon Suharman, Polsek Bengalon, Kepala Desa Sekerat Sunandhika.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa kegiatan FSN II ini memiliki dua momen yang sangat penting. Pertama adalah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui bazar UMKM dan kedua adalah untuk promosi wisata dan budaya Desa Sekerat.

“Insyaallah ini sudah menjadi agenda rutin di Kabupaten Kutim. Kita berharap festival ini juga nantinya akan menjadi agenda pariwisata secara nasional,” harapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa saat melakukan peninjauan lokasi bazar UMKM, ia menemukan produk yang dihasilkan oleh masyarakat dari program Rp 50 juta per RT.

“Ini luar biasa. Saya berterima kasih, artinya dengan kegiatan Rp 50 juta per RT ini mampu menumbuhkan para UMKM yang baru yang memang sebelumnya belum memiliki UMKM,” ucapnya.

Terakhir, ia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Sekerat dan panitia lainnya yang telah mempersiapkan kegiatan festival dengan baik. Selain itu, ia juga mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan FSN II 2023.

Sementara itu, Kadisdikbud Kutim Mulyono menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di Desa Sekerat. Selain itu, untuk meningkatkan roda perekonomian melalui kegiatan UMKM dan bazar yang dilaksanakan dalam kegiatan ini.

“Untuk mempromosikan dan mempublikasikan adanya pantai sekerat beserta budaya yang ada di desa sekerat ini kekancah yang lebih luas lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dari beberapa pihak di antaranya Pemerintah Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim serta Dinas Pariwisata Kutim.

“Terkait dengan kegiatan ritual adat istiadat ini di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim. Sedangkan kegiatan perlombaan cabang olahraga tradisional dan pentas seni merupakan bagian dari Dinas Pariwisata Kutim,” urainya.

Sebelumnya, Kepala Desa Sekerat Sunandhika menyampaikan bahwa tahun 2023 ini kegiatan FSN II sudah dibantu APBD Kutim melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim.

“Kami berterima kasih sebesar-besar berkat kegiatan festival ini, kami dikucurkan dana melalui program semenisasi jalan pemukiman kurang lebih 3 kilometer, jalan kabupaten 400 meter, semenisasi jalan pantai kurang lebih 418 meter, perbaikan jalan kurang lebih 12 kilometer, pembuatan jembatan sekarau bawah,” singkatnya. (kopi14/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini